BKG

NurIndasari, Elly (2017) Potensi Ekstrak Propolis Lebah (Trigona Sp) Sebagai Preventif Peningkatan Aktivitas Protease Dan Kerusakan Histologi Trakea Pada Hewan Coba Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Hasil Paparan Asap Rokok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Asap rokok mengandung radikal bebas eksogen yang tergolong dalam Radical Oxygen Species (ROS) yang akan meningkatkan akumulasi radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga menyebabkan ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini akan mengakibatkan stress oksidatif yang dapat meningkatkan aktivitas protease dan memicu peroksidasi lipid yang merusak jaringan. Radikal bebas ini dapat dihambat dengan antioksidan eksogen yang berupa Caffeic acid phenethyl ester (CAPE) yaitu sisi aktif flavonoid pada propolis Trigona sp. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak propolis Trigona sp terhadap pencegahan peningkatan aktivitas protease dan kerusakan histologi trakea tikus yang dipapar asap rokok. Penelitian ini menggunakan lima kelompok tikus (Rattus norvegicus) jantan berumur 8-12 minggu dengan berat badan 150-200 gram, yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif yang dipapar asap rokok sebanyak 2 batang/kelompok/hari selama 15 menit dan tiga kelompok perlakuan dengan dosis ekstrak propolis Trigona sp 10 mg/200gBB/hari, 20 mg/200gBB/hari, dan 30 mg/200gBB/hari. Hasil yang diamati berupa aktivitas protease dan struktur histologi trakea. Pengukuran aktivitas enzim protease dilakukan dengan metode Walter sedangkan histologi trakea menggunakan pewarnaan Hematoksilin Eosin (HE). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol propolis sampai dengan dosis 30 mg/200gBB/hari mampu mencegah peningkatan aktivitas protease secara signifikan (P<0,05) dan menghambat kerusakan histologi trakea tikus yang dipapar asap rokok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol propolis Trigona sp dapat mencegah peningkatan aktivitas protease dan kerusakan histologi trakea.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/59/051703197
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127306
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item