BKG

AdiRaharjo, Koko (2017) Pengaruh Pemberian Antosianin Dari Ekstrak Ubi Jalar Ungu Terhadap Ekspresi Nf-Kb (Nuclear Factor Kappa Beta) Dan Tnf Α (Tumor Necrosis Factor Alpha) Pada Cerebrum Tikus (Rattus Norvegicus) Model Str. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Stroke iskemik adalah disfungsi neurologis yang disebabkan oleh infark fokal serebral, spinal dan infark retinal. Kondisi stroke iskemik yang ditandai dengan peningkatan ekspresi NF-kB dan TNF-α pada cerebrum. Antosianin didapat dari ubi jalar ungu sebagai antioksidan yang merupakan senyawa dari flavonoid untuk menghambat efek toksik melalui penangkapan radikal bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh pemberian antosianin terhadap ekspresi NF-kB (Nuclear Factor Kappa B) dan TNF-α (Tumor Necrosis Factor Alpha) cerebrum tikus (Rattus norvegicus) stroke iskemik. Stroke iskemik dilakukan dengan cara oklusi pembuluh darah arteri karotis komunis dan arteri karotis komunis externa selama 3 jam kemudian reperfusi. Hewan coba dibagi menjadi lima kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif (stroke iskemik) 1 hari dan 3 hari, kelompok terapi ekstrak ubi jalar ungu dengan volume 2 mL/ekor selama 1 hari dan 3 hari. Data analisa secara kuantitatif untuk hasil uji imunohistokimia TNF-α dan NF-Kb. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi antosianin dari ekstrak ubi jalar ungu secara signifikan (p<0,05) menurunkan ekspresi TNF-α dan NF-kB. Pemberian terapi selama 1 hari dapat menurunkan ekspresi NF-kB pada kontrol positif 1 hari sebesar 47,89% dan pemberian terapi selama 3 hari dapat menurunkan ekspresi NF-kB pada kontrol positif 3 hari sebesar 83,55%. Pemberian terapi selama 1 hari dapat menurunkan ekspresi TNF-α pada kontrol positif 1 hari sebesar 49,90% dan pemberian terapi selama 3 hari dapat menurunkan ekspresi TNF-α pada kontrol positif 3 hari sebesar 81,17%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan antosianin dari ekstrak ubi jalar unggu dapat digunakan sebagai terapi alternatif pada tikus model stroke iskemik.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/58/051703196
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127305
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item