BKG

WijayantoPutra, Satriya (2017) Efek Terapi Ekstrak Etanol Daun Sawo Manila (Manilkara zapotta) Terhadap Gastroenteritis pada Tikus yang Diinfeksi Escherichia coli Berdasarkan Kadar MDA dan Histopatologi Sekum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

E. coli menghasilkan endotoksin yang menyebabkan gastroenteritis. Gastroenteritis ditandai dengan adanya inflamasi pada membran mukosa saluran pencernaan dan ditandai dengan diare dan muntah. Daun sawo (Manilkara zapota L.) berperan dalam penyembuhan gastroenteritis yang mengandung senyawa kimia, yaitu flavonoid dan tannin berfungsi sebagai antibateri dan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek terapi ekstrak etanol daun sawo pada gastroenteritis yang diinfeksi E.coli. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan desain post test only control menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap). Hewan coba yang digunakan Rattus novergicus yang dibagi menjadi lima kelompok, yaitu : kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif, kelompok terapi 1, kelompok terapi 2 dan kelompok terapi 3. Infeksi E.coli diberikan dengan dosis 1ml x 106 CFU/ml selama tujuh hari. Terapi ekstrak daun sawo mengunakan dosis 200 mg/kg pada kelompok terapi 1, 300 mg/kg pada kelompok terapi 2 dan 400 mg/kg pada kelompok terapi 3. Parameter dalam penelitian adalah kadar MDA yang dianalisis dengan one-way ANOVA dengan tingkat kepercayaan α = 0,05 dan histopatologi sekum yang dianalisa secara deskriptif. Hasil analisa statistic kadar MDA, pada pemberian ekstrak daun Sawo Manila dosis 400 mg/kgBB mampu menurunkan kadar MDA paling rendah dan meminimalisir kerusakan epitel sekum. Kesimpulan penelitian ini adalah ekstrak etanol daun Sawo Manila dapat digunakan sebagai terapi pengobatan gastroenteritis.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/54/051702798
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127301
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item