BKG

Aulia, Lia (2017) Efek Terapi Water Soluble Extract (WSE) Yoghurt Susu Kambing Terhadap Ekspresi TNF-α dan Pita Protein Pada Tikus (Rattus norvegicus) Hewan Model Autoimmune Thyroiditis (AITD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Autoimun merupakan penyakit akibat reaksi sistem imun yang menyerang tubuhnya sendiri. Pada hewan, kasus autoimmune thyroiditis sering terjadi pada anjing. WSE (Water Soluble Extract) yoghurt susu kambing yang mengandung bioaktif peptida yang berfungsi mengurangi jumlah sel inflamasi di organ tiroid hewan model AITD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan ekspresi TNF-α dan gambaran profil pita protein serum pada hewan coba AITD yang diterapi WSE yoghurt susu kambing. Hewan coba menggunakan tikus putih (Rattus norvegicus) betina berumur 6-8 minggu dengan berat 100-150 gram. Kelompok perlakuan yakni kelompok A (kontrol negatif), kelompok B (kontrol positif), kelompok C (dosis 300 mg/kg BB/hari), kelompok D (dosis 600 mg/kg BB/hari), dan kelompok E (dosis 900 mg/kg BB/hari). Hewan coba kemudian diinduksi Tg anjing yang telah dicampurkan dengan CFA atau IFA dengan masing-masing dosis 0,2 mL /ekor. Selanjutnya kelompok C, D dan E diterapi dengan dosis WSE yang telah ditentukan. Ekspresi TNF-α dianalisis menggunakan uji ANOVA dilanjutkan dengan uji Tukey. Gambaran profil pita protein dengan membandingkan pita sampel dengan protein marker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi WSE yoghurt susu kambing dengan dosis 900 mg/kg BB/hari mampu menurunkan ekspresi TNF- α sebesar 61,53%, serta mempengaruhi gambaran pita protein dengan tidak adanya pita protein C-reactive protein (CRP) dengan berat molekul 115 kDa dan Haptoglobin (Hp) dengan berat molekul 40 kDa pada kelompok terapi 900 mg/kg BB/hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi menggunakan WSE yoghurt susu kambing dengan dosis 900 mg/kg BB/hari mampu memberikan efek optimal terhadap kesembuhan hewan coba model AITD yang dibuktikan dari menurun ekspresi TNF- α dan tidak munculnya protein CRP.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/53/051702668
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127300
Text
Lia Aulia.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item