BKG

Zakiyah, SitiQurnia (2017) Pengaruh Pemberian Biosurfaktan Asal Isolat Bacillus Sp Terhadap Kadar Tss (Total Suspended Solid), Lemak, Dan Ph Limbah Cair Rumah Potong Ayam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kegiatan produksi di industri rumah potong ayam menghasilkan limbah cair yang komponennya menyebakan kadar (Total Suspended Solid) TSS dan lemak tinggi, serta pH yang rendah. Tingginya nilai TSS, dan lemak, serta rendahnya nilai pH di perairan yang tidak diolah dapat menyebabkan pencemaran pada lingkungan seperti terganggunya kehidupan biota air, bau tidak sedap, dan pendangkalan sungai. Beberapa genus Bacillus menghasilkan biosurfaktan yang memiliki kemampuan untuk mengolah limbah yang ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan desain true experimental laboratory yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh biosurfaktan terhadap kadar TSS, Lemak, dan pH limbah cair RPA. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu optimasi produksi biosurfaktan asal Bacillus sp, dengan variabel uji drop collapse dan emulsifikasi dimana Bacillus sp ditanam pada media molasses dengan konsentrasi 5%, 10%, dan 15%, selanjutnya diinkubasi selama 24 dan 48 jam. Tahap kedua yaitu produksi biosurfaktan yang dihasilkan dari penanaman Bacillus sp pada media molasses dengan konsentrasi terbaik dari tahap pertama. Kemudian dilakukan uji efektifitas biosurfaktan terhadap kadar TSS, lemak, dan pH limbah cair RPA. Rancangan penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan limbah RPA yang diberi biosurfaktan dengan kadar 0%, 10%, 20%, dan 30%. Keempat perlakuan akan diinkubasi pada waktu inkubasi yang berbeda-beda yaitu 12 jam, 24 jam, dan 36 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biosurfaktan dengan konsentrasi 30% dan inkubasi 24 jam untuk pengolahan limbah cair RPA dapat menurunkan kadar TSS dan lemak serta menaikkan nilai pH pada limbah cair RPA.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/48/051702214
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127295
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item