BKG

Edrianingtyas, DikaPutri (2017) LIPOPEPTIDA ASAL Bacillus sp SEBAGAI ANTIMIKROBA TERHADAP BAKTERI Escherichia coli dan Listeria monocytogenes PENYEBAB FOODBORNE DISEASE. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pangan asal hewan merupakan suatu kebutuhan penting bagi manusia. Pencemaran pada bahan pangan asal hewan salah satunya disebabkan oleh bakteri. Listeria monocytogenes dan E.coli merupakan bakteri yang banyak mencemari bahan pangan asal hewan. Lipopeptida yang dihasilkan oleh bakteri Bacillus sp mampu menghasilkan sifat antimikroba. Senyawa lipopeptida memliki sifat biodegradable dan memiliki toksisitas rendah dari antibiotik dan bisa digunakan sebagai antimikroba yang aman. Hasil penelitian menunjukkan biosurfaktan yang dihasilkan pada media NMB (Nutrient Mollases Borth ) 5% 24 jam memiliki kualitas terbaik. Kualitas terbaik dapat dilihat dari Aktivitas Emulsi dengan hasil indeks 36% dan Drop Collapse dengan hasil 1,16 detik. Penelitian ini menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan uji NESTED ANOVA. Sampel bakteri gram negatif adalah Escherichia coli, sampel gram positif adalah Listeria monocytogene. Data zona hambat dan konsentrasi hambat minimal menunjukkan signifikansi sig<0,05. Rerata hasil uji difusi dan dilusi menunjukkan bahwa perlakuan antimikroba konsentrasi 1000 μg/ml dan 1500 μg/ml mampu menghambat pertumbuhan dari kedua sampel bakteri tersebut terutama bakteri gram positif Listeria monocytogenes dengan zona hambat 4,13 mm dan absorbansi 0,290.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/45/051702211
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127292
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item