BKG

Sulistyaningrum, Intan (2017) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Beras Hitam (Oryza Sativa L. Indica) Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Model Preeklampsia Terhadap Ekspresi Endotelin-1 Dan Gambaran Histopatologi Jantung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Preeklampsia adalah penyakit dengan tanda-tanda khas hipertensi, edema, dan proteinuria yang timbul karena kehamilan. Suramin merupakan obat untuk penyakit trypanosomiasis yang dapat membuat hewan tikus model preeklampsia melalui hambatan remodeling arteri spiralis dan menstimulasi vasokonstriksi. Beras hitam mengandung antosianin yang berfungsi sebagai antihipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek antosianin dari beras hitam terhadap ekspresi endothelin-1 dan histopatologi jantung tikus model preeklampsia. Tikus betina bunting diinduksi dengan suramin dosis 70 mg/kg BB secara intraperitoneal untuk membuat tikus model preeklampsia. Tikus dibagi menjadi 5 kelompok perlakukan, yaitu kelompok kontrol negatif , kontrol positif, kelompok tikus model preeklampsia yang diberikan terapi ekstrak etanol beras hitam 12,5 mg/kg BB, 25 mg/kg BB, 50 mg/kg BB. Ekspresi endothelin-1 diamati dengan menggunakan metode imunohistokimia dan histopatologi organ jantung menggunakan pewarnaan Hematoxylin Eosin. Data hasil penelitian tentang ekspresi endothelin-1 dianalisis menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey sedangkan gambaran histopatologi jantung diamati secara mikroskopis berdasarkan struktur miofibril dan nekrosis sel . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi ekstrak etanol beras hitam secara signifikan (p<0,05) mampu menurunkan ekspresi endotelin-1 dengan dosis efektif 50 mg/kg BB. Terapi ekstrak etanol beras hitam pada kondisi preeklampsia mampu memperbaiki gambaran histopatologi jantung yang ditandai dengan struktur miofibril teratur dan berkurangnya nekrosis sel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstraksi etanol beras hitam (Oryza sativa L. indica) dapat digunakan sebagai terapi preeklampsia.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/39/051702157
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127285
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item