BKG

Rinta, EsalisYhuszia (2017) Terapi Air Oksigen 100 Ppm Terhadap Gambaran Histopatologi Paru-Paru Dan Aktivitas Protease Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Model Asma Yang Diinduksi Lipopolisakarida (Lps) Dan Ovalbumin (Ova). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Asma adalah penyakit kronis saluran pernafasan yang menyerang hewan maupun manusia. Gejala asma dapat diperparah oleh infeksi rongga mulut lewat injeksi LPS. Penelitian ini menggunakan air oksigen 100 ppm untuk terapi pada tikus model asma. Kandungan oksigen dalam air diduga dapat berperan dalam metabolisme sel, mengurangi kejadian hipoksia, dan berikatan dengan NO untuk mencegah terjadinya kerusakan sel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran histopatologi organ paru-paru dan aktivitas protease pada tikus model asma setelah diterapi dengan menggunakan air oksigen 100 ppm. Penelitian ini menggunakan empat kelompok tikus, yaitu kelompok kontrol negatif (A), kelompok kontrol positif (B), kelompok terapi yang mendapat terapi air oksigen sebanyak 1 mL (C), dan kelompok terapi yang mendapat terapi air oksigen sebanyak 2 mL (D). Tikus disiapkan dengan cara pemberian sensitisasi alergi dengan Ovalbumin (OVA) dengan dosis 10 μg/kg BB secara intraperitoneal dan 1 mg/kg BB secara inhalasi serta pemberian Lipopolisakarida (LPS) dari bakteri Phorphyromonas gingivalis dengan dosis 1 μg/kg BB secara intrasulkuler. Gambaran histopatologi paru diamati pada mikroskop dengan perbesaran 100-400 kali. Aktivitas protease diamati dengan spektofotometer, dianalisis dengan ragam ANOVA, dan dilanjutkan dengan uji Tukey (BNJ) dengan α=5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi dengan air oksigen 100 ppm mampu memperbaiki epitel dan otot polos bronkiolus dan mampu menurunkan aktivitas protease secara signifikan (p<0,05). Dosis terapi 2 mL/ekor/tikus adalah dosis efektif yang mampu menurunkan aktivitas protease sebesar 62%. Terapi yang terbaik adalah 2mL/ekor/hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah air oksigen 100 ppm dapat digunakan sebagai terapi tikus model asma.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/38/051702156
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127284
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item