BKG

Ciptaningtyas, Larasati (2017) Pengaruh Pemberian Salep Ekstrak Biji Pinang (Areca catechu) terhadap Ekspresi TNF-α dan Gambaran Histopatologi Luka Laserasi pada Tikus Jantan (Rattus norvegicus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Luka dapat sembuh dengan sendirinya melalui proses yang normal. Penggunaan salep antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi pada luka memiliki efek samping berupa hipersensitivitas, resistensi, dan super infeksi. Biji pinang (Areca catechu) merupakan salah satu tanaman obat yang banyak mengandung tanin dan flavonoid. Flavonoid dan tanin dapat bekerja sebagai antiinflamasi dan merangsang pertumbuhan sel baru pada luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak biji pinang (Areca catechu) terhadap ekspresi Tumor Necrotic Factor Alpha (TNF-α) dan gambaran histopatologi kulit. Tikus yang dipakai dalam penelitian ini adalah tikus (Rattus norvegicus) jantan yang dibagi dalam 4 kelompok masing-masing 5 ekor. Pemberian terapi dilakukan selama 6 hari. Kelompok P(-) adalah kelompok kontrol yang tidak diberikan terapi ekstrak biji pinang tetapi terapi dengan salep antibiotik. Kelompok P1 adalah kelompok tikus dengan terapi ektrak biji pinang dengan konsentrasi 2,5 %. Kelompok P2 adalah kelompok tikus dengan terapi ektrak biji pinang dengan konsentrasi 5 %. Kelompok P3 adalah kelompok tikus dengan terapi ektrak biji pinang dengan konsentrasi 7,5 %. Pengamatan ekspresi TNF-α menggunakan metode Imunohistokimia (IHK) yang dianalisa secara deskriptif untuk mengetahui peningkatan dan penurunan ekspresi TNF-α dan gambaran histopatologi luka menggunakan pewarnaan Hematoksilin Eosin (HE) yang dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pemberian salep ekstrak biji pinang (Areca catechu) memiliki pengaruh pada ekspresi TNF-α dan mampu mempercepat pembentukan jaringan granulasi dengan konsentrasi terbaik adalah 2,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah salep ekstrak biji pinang dapat digunakan sebagai alternatif terapi luka laserasi.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/35/051702088
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127281
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item