BKG

Mukhlisin, MuhammadAlifNur (2017) Studi Ekspresi Tnf Alfa Dan Kadar Gamma-Gt Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Yang Diinduksi Kloramfenikol Dan Diterapi Ekstrak Propolis Trigona Sp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hati merupakan organ yang sangat peka terhadap zat toksik dan memiliki peranan peting dalam metabolisme. Apabila sel-sel hepar terpapar oleh zat yang sifatnya toksik, maka sel-sel hepar tersebut akan mengalami kerusakan. Kerusakan hepar dapat diakibatkan karena konsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi salah satunya kloramfenikol. Ekstrak etanol propolis lebah Trigona sp diketahui mengandung senyawa turunan flavonoid yakni Caffeic Acid Phenethyl Ester (CAPE) yang bekerja sebagi antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian ekstrak propolis Trigona sp dapat menurunkan ekspresi TNF-α dan kadar GGT serum pada tikus (Rattus norvegicus) yang diinduksi kloramfenikol. Hewan model kerusakan hati disiapkan dengan cara diinduksi kloramfenikol dengan dosis 400 mg/Kg BB secara subcutan selama 14 hari. Penelitian ini menggunakan tikus (Rattus norvegicus) jantan berumur 3 bulan yang dibagi dalam 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif, kelompok diinduksi kloramfenikol dan diterapi ekstrak etanol propolis dengan volume 0,04 ml/ekor/hari, 0,08 ml/ekor/hari, dan 0,12 ml/ekor/hari. Terapi ekstrak propolis dilakukan dengan cara sonde per oral selama 21 hari. Ekspresi TNF-α diamati dengan metode imunohistokimia dan sampel serum diambil untuk mengetahui kadar GGT serum yang diukur menggunakan spektrofotometri. Selanjutnya dilakukan analisa statistik ANOVA dan dilanjutkan uji BNJ (Beda Nyata Jujur) α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak propolis Trigona sp. secara signifikan (p<0,05) mampu menurunkan ekspresi TNF-α dan menunjukkan hasil penurunan kadar GGT serum dengan volume efektif 0,12 mL/ekor/hari yaitu menurunkan ekspresi TNF-α sebesar 67,4% dan menunjukkan hasil penurunan kadar GGT serum sebesar 65,2% pada tikus yang diinduksi kloramfenikol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi ekstrak propolis Trigona sp. dapat digunakan sebagai terapi kerusakan hati pada tikus yang diinduksi kloramfenikol.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/34/051702087
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127280
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item