BKG

Windarsyah, Ridho (2017) Terapi Water Soluble Extract (Wse) Yogurt Susu Kambing Terhadap Thyroid Stimulating Hormone (Tsh) Dalam Serum Dan Ekspresi Interleukin 1 (Il-1) Pada Kelenjar Tiroid Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Mode. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Autoimmune Thyroiditis (AITD) adalah penyakit autoimun pada organ spesifik tiroid. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar Thyroid Stimulating Hormone (TSH) dan Ekspresi Interleukin 1 (IL-1). Water Soluble Extract (WSE) Yogurt Susu Kambing memiliki kandungan laktoferin dan Conjugated Linoleic Acid (CLA) sebagai antiinflamasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh WSE yogurt susu kambing terhadap kadar TSH serum dan ekspresi IL-1 jaringan tiroid pada hewan model AITD induksi tiroglobulin anjing. Hewan model yang digunakan adalah tikus (Rattus norvegicus) strain wistar betina umur 6-8 minggu dengan berat badan 100-150 gram. Induksi menggunakan tiroglobulin anjing yang diemulsikan menggunakan CFA atau IFA (perbandingan 1:1) pada hari ke-0, 14 dan 28 secara subcutan. Tikus dibagi menjadi 5 perlakuan yaitu kelompok kontrol negatif, kontrol positif, kelompok terapi dengan dosis 300 mg/kg BB, 600 mg/kg BB dan 900 mg/kg BB. Kadar TSH diukur menggunakan ELISA dan ekspresi IL-1 dengan immunoratio yang selanjutnya dianalisis menggunakan one way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa terapi WSE yogurt susu kambing secara signifkan (p<0,05) menurunkan kadar TSH dan ekspresi IL-1 pada tikus AITD yang diinduksi tiroglobulin anjing dan dosis 900 mg/kg BB adalah dosis terbaik. Kesimpulan dari penelitian ini terapi WSE yogurt susu kambing dapat digunakan sebagai terapi alternatif kondisi AITD.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/33/051702086
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127279
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item