BKG

Sulistyaningtyas, SandraRini (2017) Efek Terapi Preventif Ekstrak Etanol Daun Jambu Mete (Anacardium occidentals) Terhadap Kadar MDA dan Kadar SGOT Pada Mencit (Mus musculus) Model Fibrosis Hati Hasil Induksi CC14. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Fibrosis hati merupakan akumulasi berlebihan protein matriks ekstraselular terjadi pada sebagian besar jenis penyakit hati kronis. Salah sate zat yang dapat menyebabkan fibrosis hati adalah karbon tetraklorida (CC14). Fibrosis hati dapat dicegah dengan antioksidan, sumber antioksidan dapat diperoleh dari obat herbal yang mengandung flavonoid salah satunya adalah daun jambu mete yang memiliki flavonoid tertinggi diantara senyawa indegenous lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ekstrak etanol daun jambu mete sebagai terapi fibrosis hati pada hewan model mencit hasil induksi CC14 berdasarkan kadar Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase (SGOT) dan Kadar Malondialdehyde (MDA). Tikus model fibrosis hati disiapkan dengan injeksi CC14 secara intraperitonial sebanyak 2m1/kgBB, diinduksikan sehari sekali selama 12 hari. Penelitian dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan, yaitu kelompok kontrol, kelompok fibrosis hati, kelompok fibrosis hati yang telah diterapi preventif ekstrak etanol daun jambu mete dosis 500 mg/Kg BB, 1000 mg/Kg BB, dan 1500 mg/Kg BB diberikan selama 14 hari sebelum diinduksi CC14 dan selama diinduksi CC14. Kadar MDA diukur menggunakan Thiobarbituric Acid reactivity test (TBA) dan perubahan kadar SGOT dengan metode enzimatis dengan menggunakan spektrofotometer dan hasilnya dianalisis secara statistik kuantitatif menggunakan ANOVA dan uji lanjutan BNJ . Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ekstrak etanol daun jambu mete secara signifikan dapat mencegah peningkatan kadar MDA dan kadar SGOT serum dengan dosis efektif sebesar 1500mg/Kg BB, yang dapat mencegah peningkatan kadar MDA sebesar sebagai 6,2% dan mencegah peningkatan kadar SOOT sebesar 6,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol daun jambu mete dapat digunakan preventif fibrosis hepar pada mencit hasil induksi karbon tetraldorida.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/30/051702037
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127276
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item