BKG

Imani, HerrenLazuardi (2017) Pengaruh Pemberian Air Minum Dari Pipa Polyvinyl Chloride (Pvc) Yang Terlapis Pb Terhadap Aktivitas Protease Dan Ekspresi Tnf-Α Hepar Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Timbal (Pb) merupakan logam berat yang menjadi bahan dari pipa Polyvinyl chloride (PVC) sebagai lapisan tahan korosi. Air minum yang disalurkan melewati pipa yang berlapis Pb akan menyebabkan tingginya kandungan Pb yang terlarut dalam air. Keberadaan Pb di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan kerusakan sel, organ, atau jaringan terutama pada hepar. Pipa air yang digunakan pada penelitian ini adalah pipa PVC tipe “A”, “B”, dan “C”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air minum rendaman pipa PVC yang terlapis Pb terhadap aktivitas protease dan ekspresi TNF-α hepar pada tikus putih (Rattus norvegicus). Penelitian ini dibagi dalam 5 kelompok perlakuan yaitu kontrol negatif, kontrol positif diinduksi Pb 5 mg/ekor/hari, kelompok 3 diinduksi air rendaman pipa PVC tipe “A”, kelompok 4 diinduksi air rendaman pipa PVC tipe “B”, dan kelompok 5 diinduksi air rendaman pipa PVC tipe “C”. Aktivitas protease diukur dengan metode Walter dan Ekspresi TNF-α hepar diamati dengan metode imunohistokimia dan dihitung dengan program Immunoratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian air minum dari pipa PVC yang terlapis Pb secara signifikan (p<0,05) dapat meningkatan aktivitas protease dan ekspresi TNF-α. Air minum dari pipa PVC tipe “A” tidak berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas protease dan ekspresi TNF-α. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pemberian air minum rendaman pipa PVC yang terlapis Pb berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas protease dan ekspresi TNF- α hepar tikus putih (Rattus novergicus).

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/27/051702034
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127272
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item