BKG

Putri, OliviaAnggitaYusuf (2017) Pengaruh Salep Kefir Susu Sapi Kombinasi Lidah Buaya (Aloe vera) Terhadap Jumlah Sel Polimorfonuklear (PMN) dan Jumlah Kapiler Sebagai Terapi Luka Insisi Pada Kulit Tikus (Rattus norvegicus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pembedahan merupakan prosedur medis bersifat invasif berfungsi sebagai pengobatan dan penegakan diagnostik serta dilakukan untuk menangani kasus baik manusia maupun hewan. Tindakan bedah yang sering dilakukan pada hewan diantaranya laparotomi, histerektomi, dan caudektomi. Tindakan tersebut melibatkan luka insisi. Kefir susu sapi didalamnya terkandung banyak zat seperti polisakarida dan vitamin C yang dikombinasikan dengan aloe vera digunakan sebagai terapi penyembuhan luka insisi karena memiliki kemampuan sebagai antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh salep kefir susu sapi kombinasi lidah buaya (Aloe vera) terhadap jumlah sel polimorfonuklear (PMN) dan jumlah kapiler yang berkaitan dalam kesembuhan luka. Hewan model yang digunakan adalah tikus putih (Rattus norvegicus) strain wistar jantan berumur 8-12 minggu dan berat badan 150-250 gram yang dibagi dalam lima kelompok perlakuan, yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok konrtrol luka insisi, kelompok luka insisi yang diterapi salep kefir susu sapi kombinasi lidah buaya topikal konsentrasi 25%, 37,5%, dan 50%. Pengamatan dilakukan menggunakan mikroskop Olympus BX51 dengan bantuan software Optilab viewer. Hasil pengamatan PMN dan kapiler dianalisis secara kuantitatif menggunakan Microsoft Excel dan SPSS for Windows dengan analisis statistik ragam ANOVA (Analysis of Variance) satu arah dan uji lanjutan dengan uji Tukey α= 0,05. Konsentrasi efektif salep kefir susu sapi kombinasi lidah buaya untuk terapi luka insisi adalah 37,5% dapat menurunkan jumlah sel PMN hingga mencapai persentase sebesar 77,1% dan menurunkan jumlah kapiler dengan persentase sebesar 60,5%. Disimpulkan bahwa salep kefir susu sapi kombinasi lidah buaya konsentrasi 37,5% dapat digunakan sebagai terapi luka insisi.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/22/051702029
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127267
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item