BKG

Nurjannah, Ismi (2017) Efek Pemberian Ekstrak Kapulaga Hijau (Elettaria Cardamomum) Terhadap Kadar Sgpt Dan Sgot Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Model Steatosis Hasil Induksi Carbon Tetrachloride (Ccl4). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Steatosis merupakan keadaan patologis yang ditandai dengan akumulasi lemak di hati. Terdapat berbagai keadaan yang dapat menyebabkan steatosis salah satunya adalah stress oksidatif yang disebabkan oleh bahan-bahan toksik seperti CCl4 dalam dosis tinggi. Kapulaga hijau (Elettaria cardamomum) merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aktivitas hepatoprotektif karena mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi ekstrak kapulaga hijau terhadap kadar SGPT (Serum Glutamic Pyruvic Transaminase) dan SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transminase) dalam serum tikus putih (Rattus norvegicus) model steatosis. Tikus model steatosis diinduksi CCl4 melalui intraperitoneal dengan volume 1,25 ml/kg BB sebanyak satu kali pemberian dan diterapi ekstrak kapulaga hijau selama 14 hari. Penelitian ini menggunakan lima kelompok perlakuan. Kelompok 1 sebagai kontrol positif, kelompok 2 sebagai kontrol negatif. Kelompok 3, 4 dan 5 sebagai kelompok terapi dengan dosis 200, 400, dan 600 mg/Kg BB. Parameter yang diamati adalah kadar SGPT dan SGOT yang diukur melalui metode spektrofotometri. Untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian terapi maka dilakukan uji sidik ragam one way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur atau Tukey (α = 5 %). Hasil penelitian menunjukan bahwa terapi ekstrak kapulaga hijau pada tikus model steatosis secara signifikan dapat menurunkan kadar SGPT dan SGOT (P<0,05) dengan dosis terbaik adalah 600 mg/kgBB yang dapat menurunkan kadar SGPT hingga mencapai 40,5 + 6,13 U dan kadar SGOT mencapai 94,5 + 6,6 IU. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak kapulaga hijau dapat digunakan sebagai terapi steatosis melalui penurunan kadar SGPT dan SGOT.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/20/051702027
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127265
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item