BKG

Mukhti, Shilvia (2016) Aktivitas Protease Dan Profil Protein Jejunum Tikus (Rattus Novergicus) Model Inflammatory Bowel Disease (Ibd) Hasil Induksi Indometasin Yang Diterapi Dengan Yogurt Susu Sapi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Inflammatory Bowel Disease (IBD) merupakan penyakit gastrointestinal yang dapat menyebabkan inflamasi disepanjang saluran pencernaan. Indometasin adalah obat golongan Non Steroidal Anti-inflamatory Drugs (NSAIDs) yang menjadi salah satu penyebab terjadinya inflamasi apabila digunakan dalam jangka waktu panjang. Indometasin dengan dosis 15 mg/Kg BB dapat menyebabkan inflamasi akut pada jejunum. Hewan coba untuk penelitian ini menggunakan tikus (Rattus norvegicus) jantan berumur 8-12 minggu yang terdiri dari 5 kelompok yaitu kelompok A (kontrol), kelompok B (IBD), kelompok C (IBD + Terapi dosis 300 mg/kg BB), kelompok D (IBD + Terapi dosis 600 mg/kg BB), kelompok E (IBD + Terapi dosis 900 mg/kg BB). Terapi yogurt diberikan selama 14 hari secara per oral. Karakteristik profil protein jejunum diamati dengan teknik SDS PAGE dan dianalisis secara semikuantitatif. Pengukuran aktivitas protease dilakukan dengan metode spektofotometri, selanjutnya dianalisis dengan ragam ANOVA serta uji BNJ dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan pemberian terapi yogurt susu sapi secara signifikan (p<0,05) dapat menurunkan aktivitas protease dan memperbaiki profil pita protein tikus model IBD. Dosis efektif untuk terapi IBD adalah dosis 900 mg/Kg BB yang mampu menurunkan kadar protease sebesar 36,8 % dan memperbaiki profil protein yang ditandai dengan tidak diekspresikannya protein dengan BM 60 kDa yang diduga merupakan vasoactive intestinal polypeptide (VIP). Disimpulkan bahwa terapi yogurt susu sapi freeze dried dapat digunakan sebagai terapi IBD.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/143/051702041
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127256
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item