BKG

Fadli, RizalNur (2017) Uji Toksisitas Minyak Goreng Bekas Yang Terkontaminasi Komponen Plastik Terhadap Jumlah Sel Radang Dan Histopatologi Lambung Pada Hewan Coba Tikus Putih. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Makanan siap saji (gorengan), seringkali ditemukan menggunakan plastik dalam proses pengemasannya. Selain sebagai pengemas makanan, dewasa ini ditemukan plastik yang dicampur bahan makanan gorengan dalam pembuatannya dengan tujuan memperoleh makanan yang lebih renyah. Tanpa disadari, zat yang bersifat toksik terkandung dalam plastik dapat mengkontaminasi makanan. Plastik merupakan senyawa yang tidak dapat dimetabolisme tubuh, dan jika senyawa dari plastik masuk kedalam tubuh, hal tersebut dapat bersifat karsinogenik dan merusak sel-sel di dalam tubuh yang berujung pada proses peradangan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian minyak goreng bekas yang telah terpapar senyawa plastik terhadap jumlah sel radang yang ditimbulkan pada organ lambung tikus putih (Rattus norvegicus). Hewan Coba dibagi menjadi 4 kelompok secara acak yaitu kelompok P1 tanpa diberi perlakuan, kelompok P2 diberi minyak goreng bekas terpapar senyawa plastik 0,5 ml/ekor/hari, kelompok P3 diberi minyak goreng bekas terpapar senyawa plastik 1 ml/ekor/hari, dan kelompok P4 diberi minyak goreng bekas terpapar senyawa plastik 1,5 ml/ekor/hari. Jumlah sel radang yang muncul diamati dengan pengamatan mikroskop perbesaran 400x menggunakan pewarnaan preparat HE dan dianalisa menggunakan one way ANOVA p<0,05 yang menunjukkan hasil kenaikan rata-rata jumlah sel radang (P1: 49 ± 1.03a ; P2: 79 ± 1.40b; P3: 158 ± 1.88c; P4: 252 ± 5.23d). Perubahan histopatologi kerusakan jaringan lambung dianalisa secara deskriptif menunjukkan adanya degradasi jaringan dan nekrosis sel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu semakin tinggi pemberian volume minyak goreng bekas terkontaminasi komponen plastik dapat menyebabkan kenaikan jumlah sel radang secara signifikan dan menyebabkan kerusakan degradasi jaringan serta nekrosis sel pada histopatologi jaringan lambung bagian fundus.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/10/051702017
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127249
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item