BKG

Prestanti, Ingger (2016) Studi Pengaruh Terapi Air Alkali Terhadap Aktivitas Protease Dan Profil Protein Lambung Tikus (Rattus Novergicus) Model Inflammatory Bowel Disease (Ibd) Hasil Induksi Indometasin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Inflammatory Bowel Disease (IBD) adalah suatu penyakit peradangan kronis yang terjadi pada saluran pencernaan. Salah satu obat yang sering menimbulkan efek samping inflamasi adalah golongan obat Nonsteroidal Anti Inflammatory Drugs (NSAID) seperti indometasin yang menyebabkan pendarahan pada gastrointestinal. Indometasin bekerja dengan cara menghambat siklooksigenase 1 (COX-1) yang mengakibatkan peningkatan sekresi HCl pada lambung. Peningkatan sekresi HCl pada lambung mengakibatkan kerusakan jaringan dan inflamasi, sehingga terjadi peningkatan pelepasan enzim protease disertai perubahan profil protein. Air Alkali memiliki pH diatas 7 serta mengandung hidrogen yang tinggi sebagai antioksidan berpotensi sebagai bahan terapi IBD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari potensi air alkali terhadap penurunan aktivitas enzim protease dan perbedaan profil protein lambung tikus model Inflammatory Bowel Disease (IBD). Tikus IBD diinduksi menggunakan indometasin dosis 15 mg/kg BB secara per oral. Penelitian ini menggunakan empat kelompok yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif (IBD), kelompok terapi air alkali dengan volume pemberian 1 ml/ekor dan 2 ml/ekor yang diberikan sehari dua kali selama satu minggu. Pengukuran aktivitas protease dilakukan dengan metode spektofotometri, selanjutnya dianalisis dengan ragam ANOVA dan profil protein lambung dengan metode SDS– PAGE yang akan dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terapi air alkali secara signifikan (p< 0,05) menurunkan aktivitas protease. Volume pemberian 2ml/ekor merupakan volume terbaik yang mampu menurunkan aktivitas protease sebesar 60,65% dari kontrol positif (IBD) dan dapat menghambat sintesis pita profil protein dengan berat molekul 132 kDa, 72 kDa dan 29 kDa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan terapi air alkali dapat menurunkan aktivitas protease dan perubahan profil protein lambung tikus IBD sehingga air alkali dapat digunakan sebagai terapi alternatif pada tikus model Inflammatory Bowel Disease.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/97/051610805
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127245
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item