BKG

Patria, RezaAlbert (2016) Pengaruh Pemberian Air Yang Mengandung Plumbum (Pb) Dari Beberapa Pipa Polyvinyl Chloride (Pvc) Terhadap Kadar Malondialdehida (Mda) Dan Gambaran Histopatologi Duodenum Pada Tikus Putih (Rattus Norve. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Polyvinyl Chloride (PVC) merupakan plastik yang banyak digunakan untuk pembuatan pipa air. Salah satu bahan pembuatnya adalah timbal yang menjadi sumber toksin tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air yang mengandung Plumbum (Pb) dari beberapa pipa Polyvinyl Chloride (PVC) terhadap kadar Malondialdehida (MDA) dan gambaran histopatologi duodenum pada tikus putih (Rattus norvegicus). Penelitian ini dibagi dalam 5 kelompok perlakuan, yaitu hewan sehat, hewan sakit dengan pemberian Pb 5 mg/ekor/hari, kelompok 3 diberikan air yang sudah 60 hari berada didalam pipa PVC tipe”A”, kelompok 4 diberikan air yang sudah 60 hari berada didalam pipa PVC tipe “B”, dan kelompok 5 diberikan air yang sudah 60 hari berada didalam pipa PVC tipe ”C”. Perlakuan penelitian ini dilakukan selama 45 hari. Setiap kelompok perlakuan terdiri dari 4 ekor tikus. Kadar MDA duodenum dianalisa dengan metode spektofotometri dan histopatologi duodenum menggunakan pewarnaan HE yang diamati struktur vili, sel epitel, dan sel goblet menggunakan mikroskop cahaya. Kadar MDA dianalisa menggunakan uji One Way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey (P<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pipa PVC tipe “A” secara signifikan tidak mempengaruhi kenaikan kadar MDA dan perubahan struktur vili, kerusakan sel epitel dan hiperplasia sel goblet pada gambaran histopatologi duodenum. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pipa PVC yang mengandung Pb sebesar 0,05 mg/L dan 0,08 mg/L dapat meningkatkan radikal bebas (MDA duodenum) dan merusak gambaran histopatologi duodenum berdasarkan struktur vili, sel goblet, dan sel epitel.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/94/051610802
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127242
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item