BKG

Pratiwi, YessieSektiPutri (2016) Efek Imunostimulator Kefir Susu Kuda Sumbawa Terhadap Tindakan Preventif Karies Gigi Pada Mencit (Mus musculus) Yang Diinduksi Oleh Streptococcus mutans Berdasarkan Kadar IL-6 dan IFN-γ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Karies gigi merupakan suatu penyakit infeksi yang sering terjadi pada anjing dan kucing yang mengenai jaringan keras gigi, sehingga terjadi kerusakan. Streptococcus mutans merupakan salah satu bakteri penyebab karies gigi yang mampu membentuk ektraseluler polisakarida (EPS) dalam pembentukan biofilm pada gigi dan mempunyai kemampuan tinggi untuk memfermentasi karbohidrat dan bersifat imunosupresan. Kefir susu kuda memiliki kandungan galactoferin sebagai antibakteri dan bakteri asam laktat sebagai probiotik yang mampu meningkatkan respon imun (imunostimulator). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek imunostimulator kefir susu kuda pada mencit BALB/c yang diinfeksi dengan bakteri Streptococcus mutans penyebab karies gigi dengan mengukur IL-6 dan IFN-γ pada glandula saliva. Kelompok perlakuan dibagi menjadi 5, yaitu kontrol positif, kontrol negatif, dan perlakuan dosis kefir susu kuda masing-masing 0,1 ml; 0,25 ml dan 0,5 ml. Induksi bakteri Sreptococcus mutans 4 x 109 CFU selama 5 hari dan pemberian kefir susu kuda selama 14 hari. Parameter yang diamati adalah kadar IL-6 dan IFN-γ dengan metode flowcytometry. Penelitian ini menggunakan uji one way ANOVA untuk melihat signifikansi pengaruh pemberian kefir susu kuda. Hasil uji One Way ANOVA menunjukkan hasil yang signifikan maka dilakukan uji BNJ untuk mengetahui signifikansi antar kelompok perlakuan dengan tingkat kepercayaan (α)= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan kadar IL-6 dan IFN-γ pada dosis 0,5 ml dengan signifikansi p<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kefir susu kuda Sumbawa memiliki efek imunostimulator terhadap infeksi Streptococcus mutans pada karies gigi.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/92/051610800
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127240
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item