BKG

Rahmatina, FadillahAsyiah (2016) Potensi Anti Hiperlipidemia Sari Daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr) terhadap Kadar Trigliserida Darah dan Gambaran Histopatologi Hati Tikus (Rattus norvegicus) yang diinduksi dengan High Fat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hiperlipidemia adalah peningkatan kadar lemak dalam darah karena konsumsi lemak secara berlebihan. Asupan makanan tinggi lemak (HFD) dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati dan meningkatan kadar trigliserida yang bersirkulasi dalam darah. Metabolisme lemak di dalam tubuh terjadi di hati. Daun cincau hijau dapat digunakan untuk mencegah terjadinya hiperlipidemia akibat makanan tinggi lemak karena mengandung flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid yang dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sari daun cincau hijau (Premna oblongifolia Merr) terhadap kadar trigliserida darah dan gambaran histopatologi hati tikus (Rattus norvegicus) yang diinduksi dengan High Fatty Diet (HFD). Tikus dibagi dalam 5 kelompok perlakuan, yaitu tikus kontrol negatif, tikus HFD, tikus HFD dan sari daun cincau hijau 5,27 g/kg BB (P1), 8,438 g/kg BB (P2), dan 9,375 g/kg BB (P3). Pakan tinggi lemak (HFD) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mentega, lemak sapi, dan kuning telur puyuh. Kadar trigliserida diukur dengan metode GPO-PAP dan gambaran histopatologi organ hati diamati menggunakan pewarnaan Hematoxyline Eosin (HE). Analisa kadar trigliserida dilakukan secara kuantitaf menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ), sedangkan gambaran histopatologi hati dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pemberian sari daun cincau hijau (Premna oblongifolia Merr) mampu menurunkan kadar trigliserida darah secara signifikan (p < 0,05) dengan dosis ≥ 5,27 g/kg BB dan mencegah terjadinya kerusakan hati yang ditandai dengan tidak adanya akumulasi lemak di hati dan perbaikan gambaran sel sekitar vena sentralis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sari daun cincau hijau dosis ≥ 5,27 g/kg BB tikus dapat digunakan untuk menurunkan kadar trigliserida darah akibat induksi High Fatty Diet dan mencegah terjadinya kerusakan pada gambaran histopatologi hati tikus.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/8/051602830
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127226
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item