BKG

Kusumawati, Firdaus (2016) Aktivitas Superoksida Dismutase (Sod) Dan Profil Pita Protein Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Model Rheumatoid Arthritis (Ra) Yang Diterapi Dengan Ekstrak Daun Tempuyung (Sonchus Arvensis L.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Rheumatoid arthritis (RA) merupakan penyakit dengan gejala adanya inflamasi, hiperplasia, kerusakan kartilago dan tulang yang umumnya terjadi pada daerah sendi. RA juga banyak dilaporkan terjadi pada hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas SOD dan profil protein serum. Hewan model RA yang digunakan adalah Rattus norvegicus jantan berumur 10-12 minggu dengan berat ± 200 gram yang diinduksi CFA sebanyak 0,1 mL pada hari ke-1 secara intradermal coccygeal dan diinduksi kembali sebanyak 0,05 mL pada hari ke-8 secara intradermal metacarpophalangeal. Hewan model dibagi menjadi lima kelompok, yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif (RA), dan 3 kelompok terapi, ekstrak daun tempuyung dengan dosis 50 mg/kg BB, 100 mg/kg BB, dan 200 mg/kg BB. Aktivitas SOD diukur menggunakan SOD assay kit dan dianalisa dengan ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Profil pita protein diamati dengan SDS-PAGE dan dianalisa secara kualitatif. Analisa statistika menunjukkan bahwa aktivitas SOD memiliki perbedaan pada kelompok yang mendapatkan terapi. Peningkatan SOD pada kelompok terapi yaitu, dosis 50 mg/kg BB sebanyak 28,72%, dosis 100 mg/kg BB sebanyak 32,87%, dan dosis 200 mg/kg BB 42,12%. Profil pita protein menunjukkan adanya perubahan munculnya pita protein dengan ukuran 115 kDa yang merupakan C-Reactive Protein (CRP). Sedangkan pada kelompok kontrol negatif dan kelompok terapi dengan dosis 200 mg/kg BB pita protein tersebut tidak muncul. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terapi ekstrak daun tempuyung (Sonchus arvensis L.) berpotensi sebagai bahan terapi RA ditinjau dari aktivitas SOD dan profil pita protein.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/78/051610786
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127224
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item