BKG

Leuricha, Yohana (2016) Terapi Air Minum Dalam Kemasan Yang Mengandung Oksigen Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Model Asma Yang Diinduksi Lps Dan Ovalbumin Terhadap Histopatologi Trakea Dan Ekspresi Tnf-Α. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Asma merupakan suatu penyakit inflamasi bersifat kronik yang dapat menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasan bagian atas maupun bawah. Keparahan asma dapat meningkat karena adanya endotoksin lipopolisakarida (LPS) dari bakteri gram negatif. Penelitian ini menggunakan air dalam kemasan yang mengandung oksigen untuk terapi pada hewan coba tikus (Rattus norvegicus) model asma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran histopatologi organ trakea dan ekspresi TNF-α pada hewan coba tikus (Rattus norvegicus) model asma setelah diberi terapi air minum dalam kemasan yang mengandung oksigen. Penelitian ini menggunakan empat kelompok perlakuan diantaranya kelompok A (kontrol negatif), kelompok B (kontrol positif), kelompok C (volume terapi 1mL/ekor/hari) dan kelompok D (volume terapi 2 mL/ekor/hari). Tikus model asma disiapkan dengan cara pemberian sensitasi alergi dengan ovalbumin (OVA) dengan konsentrasi 10 μg/mL yang diemulsi dengan AlOH3 1,5 mg dan dilarutkan dalam PBS secara intraperitonial serta pemberian Ovalbumin secara inhalasi dengan konsentrasi 1 mg/ mL yang dilarutkan dengan NaCl fisiologis. Reaksi asma diperparah dengan pemberian Lipopolisakarida (LPS) dari Phorphyromonas gingivalis dengan konsentrasi 1 μg/mL yang dilarutkan dengan PBS dan diberikan secara intrasulkular. Gambaran histopatologi trakea dianalisa dengan metode pewarnaan HE yang diamati struktur sel epitelnya menggunakan mikroskop dan ekspresi TNF-α dengan metode imunohistokimia. Ekspresi TNF-α dianalisa menggunakan uji One Way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tuckey (P<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi air minum dalam kemasan yang mengandung oksigen dengan volume 2mL/ekor/hari secara tidak signifikan (P>0,05) mempengaruhi perubahan struktur sel epitel pada gambaran histopatologi trakea dan kenaikan ekspresi TNF-α. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terapi air minum dalam kemasan yang mengandung oksigen dengan volume 2 mL/ekor/hari dapat memperbaiki struktur sel epitel dan menurunkan ekspresi TNF-α pada organ trakea.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/76/051610784
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127222
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item