BKG

Damayanti, Mela (2016) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Suji (Pleomele Angustifolia) Sebagai Preventif Hiperlipidemia Terhadap Kadar Mda Dan Histopatologi Aorta Mencit (Mus Musculus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hiperlipidemia adalah suatu gangguan metabolisme lipid dalam darah, yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol dan trigliserida, sehingga meningkatkan produk samping berupa radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel/jaringan. Pleomele angustifolia merupakan tanaman tropis yang banyak mengandung flavonoid, klorofil dan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan serta dapat menurunkan konsentrasi lipid dalam plasma. Penelitian dilakukan secara eksperimental posttest control design only dengan model RAL serta menggunakan mencit jantan, berumur 2,5 bulan yang dibagi menjadi kelompok K (-), K (+), P1, P2 dan P2. Kelompok K (-) adalah mencit tanpa perlakuan, K (+) diberi pakan tinggi lemak selama 14 hari sedangkan perlakuan diberi ekstrak etanol Pleomele angustifolia dengan dosis 600 mg/kg BB, 900 mg/kg BB dan 1.200 mg/kg BB dan diberi pakan tinggi lemak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek dari preventif ekstrak etanol Pleomele angustifolia terhadap kadar MDA serum yang diukur menggunakan metode TBA, serta perubahan histopatologi aorta mencit menggunakan pewarnaan HE. Data kuantitatif dianalisa secara statistik dengan one-way ANOVA dan uji lanjutan dengan uji Tukey α = 0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa preventif ekstrak etanol Pleomele angustifolia dengan dosis 600 mg/kg BB efektif dalam mencegah terjadinya hiperlipidemia yang diikuti dengan redahnya kadar MDA secara signifikan (p<0,05) serta dibuktikan dengan tidak terjadinya kerusakan jaringan aorta seperti deskuamasi endotel dan sel busa.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/69/051610777
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127214
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item