BKG

Pamungkas, GilangSiwi (2016) Pengaruh Terapi Ekstrak Metanol Daun Kamboja Putih (Plumeria acuminata L.) Terhadap Ekspresi Inductable Nitric Oxide Synthase (iNOS) dan Profil ProteProteinLambung Protein Lambung Tikus (Rattus norv. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Inflammatory Bowel Diseases (IBD) adalah inflamasi kronis yang menyerang saluran pencernaan yaitu lambung, usus halus dan kolon. Respon awal inflamasi disertai dengan peningkatan radikal bebas dalam tubuh. Golongan Non Steroidal Anti Inflamation Drugs (NSAID) merupakan salah satu penyebab terjadinya keparahan IBD. Kandungan lupeol asetat pada daun kamboja putih (Plumeria acuminata L.) berperan sebagai anti inflamasi dan antioksidan alami yang dapat menghambat radikal bebas dan menghambat pengeluaran sitokin proinflamatori. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek terapi ekstrak metanol daun kamboja putih dalam menurunkan ekspresi inducible nitric oxide synthase (iNOS) dan memperbaiki profil protein pada lambung tikus setelah mendapat paparan indometasin peroral dengan dosis 15 mg/kg BB. Hewan coba yang dipakai yaitu tikus (Rattus norvegicus) jantan strain Wistar berumur 8-12 minggu dengan berat 150-200 gram. Penelitian menggunakan lima kelompok perlakuan, yaitu kelompok kontrol negatif (A), kelompok kontrol positif (B) dan kelompok terapi ekstrak daun kamboja putih (Plumeria acuminata L.) dengan pemberian dosis yang berbeda yaitu 500 mg/kg BB (C), 750 mg/kg BB (D) dan 1000 mg/kg BB (E). Pengukuran ekspresi iNOS dilakukan dengan metode Immunohistokimia (IHK) sedangkan karakterisasi profil protein dilakukan dengan mengunakan SDS-PAGE dan dianalisis secara semi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kamboja putih mampu menurunkan ekspresi iNOS secara signifikan (p<0,05) antar kelompok perlakuan, kelompok dengan dosis terapi 1000 mg/kg BB adalah dosis efektif menurunkan ekspresi iNOS sebesar 61,43%. Hasil SDS-PAGE menunjukkan bahwa pemberian terapi dosis 1000 mg/kg BB mampu memperbaiki profil protein yang ditandai dengan tidak terekspresinya protein dengan berat molekul 110 KDa yang diasumsikan sebagai High Heat Shock Protein (HHSP).

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/65/051610773
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127210
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item