BKG

Tara, AminTan (2016) Studi Kadar High Densitiy Lipoprotein (Hdl) Dan Aktivitas Superoksida Dismutase (Sod) Hewan Model Tikus (Rattus Norvegicus) Hiperlipidemia Hasil Induksi Dexamethason Yang Diterapi Dengan Ekstrak Kroko. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hiperlipidemia adalah keadaan meningkatnya kadar lipid dalam darah. Hal ini terjadi karena pengaruh pemberian glukokortikoid sintetis (dexamethason) dalam jumlah yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) dan aktivitas Superoksida Dismutase (SOD) mengalami penurunan. Ekstrak krokot (Portulaca oleracea) memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya peningkatan akibat terapi ekstrak krokot (Portulaca oleracea) terhadap kadar HDL dan aktivitas SOD pada tikus hiperlipidemia hasil induksi dexamethason. Penelitian ini menggunakan hewan coba berupa tikus jantan berumur 10-12 minggu yang dikelompokan menjadi 5 kelompok. Kelompok A adalah kontrol negatif, kelompok B adalah kontrol positif, dan kelompok C, D, dan E adalah kelompok hiperlipidemia dengan dosis terapi 200, 400, dan 800 mg/kg BB. Induksi dexamethason dengan dosis 10 mg/kg BB diberikan selama 4 hari secara subkutan dan terapi diberikan selama 8 hari secara sonde lambung. Pengukuran kadar HDL dan aktivitas SOD dengan metode Enzymatic Colorimatric. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis OneWay ANOVA dan dilanjutkan dengan uji BNT (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian terapi ekstrak krokot memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kenaikan kadar HDL dan terdapat peningkatan sebesar 150%. Selain itu, pemberian terapi ekstrak krokot juga terjadi pengaruh yang signifikan terhadap kenaikan aktivitas SOD dan terdapat peningkatan sebesar 77,3%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ekstrak krokot berpotensi sebagai terapi penyembuhan hiperlipidemia.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/58/051606865
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127202
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item