BKG

Nazihah, Nouri (2016) Pengaruh Terapi Ekstrak Daun Tempuyung (Sonchus Arvensis L.) Terhadap Kadar Mda Dan Aktivitas Protease Sendi Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Model Rheumatoid Arthritis Induksi Cfa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Rheumatoid arthritis (RA) merupakan penyakit rematik yang menyebabkan penurunan fungsi sendi. Rheumatoid arthritis terjadi dengan banyaknya senyawa radikal bebas didalam tubuh yang akan bereaksi dengan asam lipid tak jenuh dan menghasilkan produk akhir berupa malondealdehida (MDA). Stress oksidatif oleh radikal bebas juga dapat menyebabkan peningkatan neutrofil yang akan mensekresikan protease. Ekstrak daun tempuyung memiliki kandungan flavonoid yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas sehingga kerusakan jaringan pada sendi dapat ditekan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi terapi ekstrak daun tempuyung dalam menurunkan kadar MDA dan aktivitas protease sendi pada tikus yang diinduksi dengan CFA. Pengukuran kadar MDA dilakukan dengan uji Thiobarbiuric Acid (TBA) dan pengukuran aktivitas protease sendi dengan metode uji Walter secara spektofotometri. Hewan coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah tikus jantan berumur 8 minggu dengan berat rata-rata 200g. Hewan coba dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kontrol negatif, kelompok kontrol positif, dan kelompok terapi yaitu dengan dosis terapi 50 mg/Kg BB, 100 mg/kg BB, dan 200 mg/kg BB. Analisa data kadar MDA dan aktivitas protease sendi tikus dilakukan secara kuantitatif menggunakan analisis ragam ANOVA dan uji lanjutan Tukey (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa terapi ekstrak etanol daun tempuyung dapat menurunkan kadar MDA dan aktivitas protease secara signifikan (p<0,05). Dosis 200 mg/kg BB adalah dosis terbaik dimana peningkatan kadar MDA dari kontrol negatif sebesar 0,067% dan peningkatan aktivitas protease sendi dari kontrol negatif sebesar 15%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak etanol daun tempuyung berpotensi sebagai alternatif terapi Rheumatoid arthritis berdasarkan penurunan kadar MDA dan penurunan aktivitas protease sendi.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/55/051606862
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127199
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item