BKG

Karo, YohanaMaria (2016) Pengaruh Terapi Rebusan Akar Gantung Pohon Beringin (Ficus benjamina L.) Terhadap Aktivitas Protease dan Gambaran Histopatologi Hepar Tikus (Rattus norvegicus) yang Dipapar Asap Rokok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Asap rokok mengandung berbagai bahan kimia antara lain nikotin, karbon monoksida, dan tar yang merupakan radikal bebas penyebab kerusakan organ di antaranya hepar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian rebusan akar gantung pohon beringin (Ficus benjamina L.) terhadap aktivitas protease dan perbaikan histopatologi hepar pada tikus (Rattus norvegicus) yang terpapar asap rokok. Tikus yang digunakan dalam penelitian ini adalah tikus (Rattus norvegicus) jantan berumur 3 bulan yang dibagi dalam 5 kelompok. Kelompok 1 yaitu kelompok tikus sehat (kontrol negatif), kelompok 2 (kontrol positif) tikus yang dipapar asap rokok, kelompok 3,4,5 tikus yang dipapar asap rokok dan diterapi dengan dosis 50 mg/kg BB, 75 mg/kg BB, 100 mg/kg BB. Pengukuran aktivitas protease dilakukan dengan metode spektofotometri dan dihitung menurut rumus Walter, selanjutnya dianalisis dengan ragam ANOVA. Histopatologi sel hepar dilakukan dengan pewarnaan Hematoksilin-Eosin dan diamati secara mikroskopis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terapi ekstrak akar gantung pohon beringin secara signifikan (p<0,05) memberi pengaruh terhadap penurunan aktivitas protease, dan terhadap perbaikan gambaran histopatologi hepar berdasarkan perbaikan hepatosit dan sinusoid. Semakin tinggi dosis terapi menyebabkan penurunan aktivitas protease semakin besar. Dosis efektif adalah 100 mg/kg BB dapat menurunkan aktivitas protease sebesar 51,02 % dan perbaikan histopatologi hepar. Disimpulkan bahwa terapi ekstrak akar gantung pohon beringin mampu menurunkan aktivitas protease dan memperbaiki kerusakan hepar yang dipapar asap rokok.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/50/051604900
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127194
Text
SKRIPSI_Yohana_Maria_Karo_(115130100111047).pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item