BKG

AgungPrasetyo, Vincentius (2016) Efek Terapi Tepung Daun Mengkudu (Morinda Citrifolia Linn) Terhadap Aktivitas Protease Ileum Dan Gambaran Histopatologi Ileum Ayam Broiler Yang Diinfeksi Escherichia Coli. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kolibasilosis disebabkan oleh bakteri E.coli patogen sebagai agen primer ataupun sekunder yang banyak ditemukan pada hewan unggas. Antioksidan utama pada daun mengkudu adalah Antraquinon. Antraquinon yang dipercaya dapat menghancurkan dan menekan mikroba serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan daun mengkudu sebagai anti bakteri dan antioksidan pada kasus colibacillosis. Hewan coba yang digunakan adalah ayam broiler . Ayam dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan, yaitu perlakuan 1 sebagai ayam kontrol negatif, perlakuan 2 sebagai kontrol positif dengan pemberian bakteri E.coli. diberikan secara oral sebanyak 0,5 ml/ekor, perlakuan 3,4,5 dengan pemberian terapi tepung daun mengkudu (Morinda citrifolia linn.) 3,25mg/kg BB, 6,5mg/kg BB, 9,75 mg/kg BB. Penentuan aktivitas protease dilakukan untuk mengukur tingkat inflamasi yang terjadi pada ileum tikus menggunakan spektrofotometri UV-VIS dan pembuatan preparat histopatologi organ ileum menggunakan pewarnaan Hematoxyline Eosin (HE). Analisis aktivitas protease dilakukan secara kuantitatif menggunakan ANOVA dan Tukey, sedangkan gambaran histopatologi ileum dianalisa secara kualitatif menggunakan mikroskop cahaya. Hasil penelitian membuktikan bahwa tepung daun mengkudu dapat menurunkan aktivitas protease (α >0.05), hasil aktivitas protease pada terapi 1 sebesar 0,103±0,022a adalah yang paling baik, terapi tepung daun mengkudu menurunkan aktivitas protease setelah infeksi E.Coli menjadi sama dengan tingkat aktivitas protease kelompok kontrol negatif, serta terapi tepung daun mengkudu juga membuktikan pada histopatologi ileum yang semakin membaik.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/146/051702665
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Sugiantoro
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127154
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item