BKG

Febrianto, MochammadGunturKarya (2016) Kefir Susu Kambing Sebagai Terapi Periodontitis Pada Hewan Model Mencit (Mus Musculus) Yang Diinduksi Porphyromonas Gingivalis Berdasarkan Produksi Il-6 Dan Il-17. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Periodontitis merupakan peradangan pada jaringan pendukung gigi yang disebabkan infeksi bakteri, salah satunya Porphyromonas gingivalis. Periodontitis menyebabkan penghancuran progresif ligamentum periodontal dan tulang alveolar dengan pembentukan poket periodontal. Periodontitis diawali dengan gingivitis. Saat ini pengobatan periodontitis hanya sebatas pada pemberian antibiotik yang memiliki resiko resistensi, sehingga dalam penelitian ini kami melakukan alternatif dengan penggunaan kefir susu kambing sebagai terapi periodontitis. Kefir merupakan produk fermentasi susu yang mempunyai potensi sebagai probiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi efek kefir susu kambing sebagai terapi periodontitis pada hewan model mencit berdasar produksi IL-6 dan IL-17. Penelitian bersifat eksperimental dengan post test only control design menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Subjek penelitian menggunakan mencit betina berumur 8 minggu dengan berat 30 gr yang dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif (periodontitis), dan tiga kelompok perlakukan. Bakteri P.gingivalis diinfeksikan pada gingiva mandibular incivus melalui sulkus gingiva dengan konsentrasi 1-2×108 CFU/ml sebanyak 0,02 ml selama tiga minggu. Untuk kelompok tiga kelompok terapi masing-masing diberi kefir susu kambing sebanyak 0,2 ml, 0,4 ml, dan 0,6 ml/30 gr selama 6 hari. Parameter yang dianalisa adalah IL-6 dan IL-17 secara kuantitatif menggunakan metode flowcytometry. Data dianalisa secara statistik menggunakan One-Way ANOVA di lanjutkan dengan uji pos hoc test Tukey dengan tingkat kepercayaan (α) = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan volume pemberian kefir 0,6 ml/30 gr merupakan volume yang paling poten dalam menurunkan kadar IL-6 dan IL-17. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kefir susu kambing dapat digunakan sebagai terapi periodontitis pada Mencit (Mus musculus) yang diinfeksi P.gingivalis berdasarkan penurunan produksi IL-6 dan IL-17.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/118/051612329
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127132
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item