BKG

Khoirunnisa, Dhia (2016) Ekstrak Etanol Daun Suji (Pleomele Angustifolia) Sebagai Preventif Hiperlipidemia Pada Mencit (Mus Musculus) Berdasarkan Gambaran Histopatologi Dan Jumlah Sel Makrofag Hati. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Peningkatan konsentrasi kolesterol dan trigliserida dalam hati akan mengakibatkan kerja enzim Lipoprotein Lipase tidak maksimal, sehingga dapat terjadi penimbunan lemak pada hati. Zat aktif flavonoid pada ekstrak etanol daun suji (Pleomele angustifolia) mempunyai aktifitas sebagai antioksidan yang dapat menangkal produksi radikal bebas sehingga sel endotel dapat meregulasi enzim Lipoprotein Lipase dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek ekstrak etanol daun suji (Pleomele angustifolia) terhadap histopatologi hati dan jumlah sel makrofag pada hati mencit yang diberi pakan diet tinggi lemak. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental posttest control design only menggunakan mencit putih (Mus musculus) jantan, berumur 2,5 bulan. Mencit dibagi dalam 5 kelompok yaitu kontrol positif, negatif, P1, P2, dan P3 dengan dosis 600 mg/kg BB, 900 mg/kg BB dan 1200 mg/kg BB. Pembuatan preparat histopatologi hati menggunakan metode pewarnaan Hematoksilin-Eosin. Sel makrofag dilihat dengan mikroskop dengan perbesaran 400x yang kemudian data dianalisa menggunakan one way ANOVA dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun suji dosis 600mg/kg BB dapat memberikan pengaruh dalam mencegah akumulasi sel lemak dengan ditandai tidak adanya infiltrasi sel lemak dan dapat menghambat kenaikan jumlah sel makrofag sebanyak 74,9 % pada hati. Kesimpulan dari penilitian ini bahwa pemberian ekstrak etanol daun suji (Pleomele angustifolia) dosis 600 mg/kg BB dapat mencegah kerusakan pada hati mencit (Mus musculus).

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/115/051611921
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127129
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item