BKG

Lestari, DwiAndri (2016) Ekstrak Etanol Daun Suji (Pleomeleangustifoloa) sebagai Tindakan Preventif Hiperlipidemia pada Hewan Coba Mencit (Mus musculus) Berdasarkan Kadar IFN-γ dan IL-10. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hiperlipidemia adalah peningkatan konsentrasi lipid dalam plasma yang meliputi peningkatan kadar kolesterol total, LDL, trigliserida. Akumulasi LDL yang tinggi dalam darah akan menyebabkan terjadinya peroksidasi lipid dimana meningkatkan produksi radikal bebas. Daun suji (Pleomele angustifolia) mengandung flavonoid, klorofil dan saponin sebagai antioksidan dapat menurunkan konsentrasi lipid dalam plasma. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek preventif ekstrak etanol Pleomele angustifolia terhadap kadar IFN-γ dan IL-10 mencit yang diberi pakan tinggi lemak. Penelitian dilakukan secara eksperimental posttest control design only menggunakan model Rancangan Acak Lengkap (RAL). Mencit yang digunakan mencit putih (Mus musculus) jantan sehat, berumur 2,5bulan dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol negatif mencit sehat diberi pakan normal dan minum adlibitum. Kelompok kontol positif mencit diberi pakan tinggi lemak selama 14 hari. Perlakuan yang diberikan pada kelompok preventif adalah pakan tinggi lemak dan ekstrak etanol daun suji 600mg/kg BB, 900mg/kg BB dan 1200mg/kg BB. Parameter yang diukur adalah IFN-γ dan IL-10 dengan menggunakan flowcytometri. Data dianalisis secara statistik menggunakan one-way Analysis of variance (ANOVA) α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol daun suji dosis 900mg/kg BB dapat menghambat peningkatan produksi IFNγ dengan presentase sebanyak 66,014% dan penurunan produksi IL-10 dengan presentase sebanyak 213,05% secara signifikan (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberian ekstrak etanol daun suji dapat digunakan sebagai preventif hiperlipidemia.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/114/051611920
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127128
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item