BKG

Widarma, DewiFebriana (2016) Efek Preventif Fermentasi Nira Siwalan Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Model Enteritis Hasil Induksi Escherichia Coli Berdasarkan Histopatologi Jejenum Dan Produksi Il-6. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Enteritis adalah peradangan pada intestine. Escherichia coli menghasilkan endotoksin berupa LPS (Lipopolisakarida) yang menyebabkan beberapa kasus enteritis. Pencegahan enteritis selama ini dengan menjaga higientias kandang, pakan serta minum masih kurang maksimal, sehingga perlu adanya bahan alami yang dapat digunakan. Fermentasi nira siwalan oleh Lactobacillus casei berfungsi memelihara mikroflora usus, menghambat bakteri patogen dengan mengahasilkan antibakteri, penghasil asam organik, kompetitor bakteri pathogen dan meningkatkan sistem imun. Penelitian ini dilakukan untuk menguji fermantasi nira siwalan untuk mencegah enteritis yang disebabkan oleh E.coli. Penelitian ini menggunakan tikus (Rattus norvegicus) jantan berusia 8-12 minggu dengan berat badan 150-200 gram yang dibagi menjadi lima kelompok, yaitu: kelompok kontrol negatif, kelompok enteritis, kelompok yang diberi fermentasi nira siwalan 1,8ml, kelompok yang diberi fermentasi nira siwalan 2,7ml dan kelompok yang diberi fermentasi nira siwalan 3,6ml. Parameter yang diukur adalah histopatologi jejenum yang diwarnai dengan pewarnaan HE dan produksi IL-6 yang diwarnai dengan metode IHK dan dianalisis secara statistik dengan one-way ANOVA, α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan pemberian fermentasi nira siwalan dapat menghambat adanya kerusakan pada jejenum dan menghambat kenaikan IL-6 dengan dosis pemberian efektif 3,6ml/ekor. Kesimpulan penelitian ini fermentasi nira siwalan dapat mencegah enteritis hasil infeksi E.coli berdasarkan penghambatan kerusakan jejenum dan penghambatan kenaikan produksi IL-6.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/113/051611919
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127127
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item