BKG

Dilla, DevyMaya (2016) Efek Preventif Ekstrak Daun Suji (Pleomele Angustifolia) Terhadap Kadar Ldl (Low Density Lipoprotein) Dan Hdl (High Density Lipoprotein) Mencit Model Hiperlipidemia Hasil Induksi Diet Lemak Tinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hiperlipidemia adalah peningkatan konsentrasi semua komponen lipid dalam plasma meliputi trigliserida dan kolesterol. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kondisi hiperlipidemia adalah pemberian diet lemak tinggi. Ekstrak daun suji (Pleomele angustifolia) memiliki kandungan flavonoid, saponin dan klorofil yang dapat menghambat peningkatan kadar LDL dan menghambat penurunan kadar HDL. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pencegahan ekstrak daun suji terhadap kadar LDL dan HDL mencit model hiperlipidemia induksi diet lemak tinggi. Penelitian menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) post test control only. Mencit diberikan preventif ekstrak daun suji selama 21 hari dan diberikan diet lemak tinggi melalui sonde lambung selama 14 hari. Penelitian ini menggunakan 5 kelompok perlakuan yaitu kontrol negatif yaitu mencit yang tidak diberikan perlakuan, kontrol positif yaitu mencit yang diberikan diet lemak tinggi, dan kelompok P.1, P.2 dan P.3 adalah kelompok preventif dengan dosis 600 mg/kg BB, 900 mg/kg BB, dan 1200 mg/kg BB. Parameter yang diukur adalah kadar LDL dan HDL dalam darah menggunakan spektrofotometer dan dianalisa secara kuantitatif menggunakan uji statistik Oneway ANOVA dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun suji (Pleomele angustifolia) secara signifikan (p<0,05) dapat menghambat peningkatan kadar LDL dan menghambat penurunan kadar HDL darah pada mencit. Dosis optimal preventif ekstrak daun suji adalah 900 mg/kg BB yang dapat menghambat peningkatan kadar LDL sebesar 51,4% dan menghambat penurunan kadar HDL sebesar 21,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak daun suji dapat digunakan sebagai terapi preventif pada mencit model hiperlipidemia.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/111/051611917
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127125
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item