BKG

Rejeki, HariatiSri (2016) Pengaruh Variasi Dosis Induksi Streptokinase Terhadap Gambaran Histopatologi Dan Ekspresi Tnf-Α Otak Tikus (Rattus Norvegicus) Pada Kondisi Renal Fibrosis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Streptokinase adalah protein ekstraseluler dengan berat 46-kDa, terdiri dari 414 asam amino, diproduksi oleh semua strain Streptococcus β-haemolytic. Streptokinase memiliki kemampuan untuk mengaktifasi plasminogen menjadi plasmin. Streptokinase digunakan sebagai agen trombolitik untuk mengobati penyakit otak dan sistem peredaran darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ekspresi TNF-α dan histopatologi otak pada tikus yang diinduksi oleh streptokinase. Dalam penelitian ini, tikus dibagi menjadi 4 kelompok: (A) kelompok kontrol, (B) kelompok yang disebabkan oleh streptokinase 1 x 6000 IU, (C) kelompok yang disebabkan oleh streptokinase 2 x 6000 IU, (D) kelompok yang disebabkan oleh streptokinase 3 x 6000 IU, dengan interval waktu lima hari. Tikus diinduksi streptokinase sebanyak 6000 IU secara intravena pada vena coccygea. Data yang diamati dalam penelitian ini adalah gambaran histopatologi dan ekspresi TNF-α dengan metode imunohistokimia. Hasil penelitian ini menunjukkan induksi streptokinase menyebabkan perubahan histopatologi otak yang ditandai dengan adanya perubahan sel endotel dan peningkatan ekspresi TNF-α secara signifikan (P<0,05) dengan pemberian beberapa variasi induksi streptokinase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa streptokinase menginduksi renal fibrosis yang diikuti dengan adanya peningkatan ekspresi TNF-α pada organ otak.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/108/051611659
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127121
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item