BKG

Shoimah, Dzikria (2016) Efek Ekstrak Daging Buah Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa) Terapi Glomerulonefritis Akut Hipersensitif Tipe Iii Pada Mencit (Mus Musculus) Terhadap Proteinuria Dan Hematuria. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal yang disertai dengan adanya inflamasi dan proliferasi pada sel glomerulus, salah satu macam glomerulonefritis yang sering terjadi pada manusia dan hewan adalah glomerulonefritis akut pasca induksi steptokokus. Streptokokinase merupakan salah satu protein yang diketahui memiliki peranan penting dalam terjadinya glomerulonefritis akut dikarenakan adanya reaksi hipersensitifitas tipe III. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) dalam menurunkan kadar Protein dalam urin dan sel darah dalam urin pada mencit jantan model glomerulonefritis akut hipersensitif tipe III. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan metode post test control design, dan terbagi atas 5 kelompok yaitu kontrol negatif, kontrol positif (glomerulonefritis akut). Tiga kelompok perlakuan yang diinduksi streptokinase dan diterapi dengan dosis ekstrak buah mahkota dewa dengan LD50 sebesar 330 mg/ 20 gr BB yang berbeda yaitu 76,8 mg/ 20gr BB, 154,2 mg/ 20gr BB, dan 308,4 mg/ 20gr BB. Induksi streptokinase dilakukan dua kali dengan selisih waktu empat hari dengan dosis 2500 IU melalui I ntramuskular, dan pemberian terapi ekstrak buah mahkota dewa per oral selama 14 hari. Analisa data dilakukan secara diskriptif untuk melihat adanya penurunan kadar protein dan sel darah dalam urin. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh ekstrak mahkota dewa pada dosis 308,4 mg/20 gr BB yang paling baik diantara dosis yang lain yang ditunjukkan dengan nilai negatif yang paling banyak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ekstrak buah mahkota dewa memiliki efek terapi terhadap GNAPS.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2016/103/051611654
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127116
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item