BKG

Suseno, Ernawati (2015) Studi Induksi Laserpunktur Sebagai Metode Gertak Birahi Pada Tikus (Rattus norvegicus) Fase Metestrus Terhadap Kadar LH Dan Jumlah Sel Basofil Hipofisis Anterior. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Gertak birahi merupakan suatu tindakan untuk menimbulkan estrus sehingga dapat memperpendek siklus estrus. Induksi laserpunktur merupakan teknik stimulasi pada titik akupunktur dengan menggunakan sinar laser sebagai sumber rangsangan yang dapat dimanfaatkan untuk gertak birahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pemanfaatan teknologi laserpunktur untuk gertak birahi pada tikus (Rattus norvegicus) terhadap kadar LH dan jumlah sel basofil hipofisis anterior pada fase metestrus. Pengukuran kadar LH dilakukan dengan metode ELISA dan jumlah sel basofil hipofisis anterior dilakukan dengan metode pewarnaan Hematoxilen Eosin (HE). Penelitian ini menggunakan hewan coba tikus (Rattus norvegicus) yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol (A) dan kelompok induksi laserpunktur pada 10 titik reproduksi selama 15 detik/titik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa induksi laserpunktur secara signifikan (p<0.05) mampu meningkatkan rata-rata kadar LH dan meningkatkan rata-rata presentase jumlah sel basofil hipofisis anterior. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknologi laserpunktur mampu digunakan sebagai teknologi alternatif untuk gertak birahi berdasarkan pada peningkatan kadar LH dan jumlah sel basofil hipofisis anterior.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/96/051509442
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127107
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item