BKG

Rifa`is, Muhamad (2015) Studi Pengaruh Terapi Ekstrak Krokot (Portulaca oleracea) Terhadap Aktivitas Lipoprotein Lipase dan Gambaran Histopatologi Duodenum Tikus (Rattus norvegicus) Model Hiperlipidemia Hasil Induksi Dexamet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hiperlipidemia adalah gangguan metabolisme yang disebabkan oleh peningkatan sirkulasi asam lemak, trigliserida dan kolesterol. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kondisi hiperlipidemia adalah induksi dexamethasone dengan dosis yang berlebihan. Salah satu terapi alternatif penyakit hiperlipidemia adalah dengan mengkonsumsi antioksidan yang terdapat pada ekstrak krokot. Ekstrak krokot banyak mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat menurunkan lipid dalam plasma. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh terapi ekstrak krokot terhadap aktivitas lipoprotein lipase (LPL) serta gambaran histopatologi duodenum tikus model hiperlipidemia. Tikus model hiperlipidemia dibuat dengan cara induksi dexamethasone dengan dosis 10 mg/kgBB perhari selama 4 hari secara subkutan dan pemberian terapi ekstrak krokot secara peroral selama 8 hari. Penelitian ini menggunakan 5 kelompok perlakuan. Kelompok A adalah kontrol negatif, kelompok B adalah kontrol positif dan kelompok C, D dan E adalah kelompok terapi dengan dosis 200 mg/kgBB, 400 mg/kgBB dan 800 mg/kgBB. Parameter yang diamati adalah aktivitas lipoprotein lipase (LPL) dengan uji alkalimetri dianalisa secara kuantitatif dan pengamatan histopatologi duodenum dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak krokot dapat meningkatkan aktivitas LPL secara signifikan (p<0,05) dan memperbaiki gambaran histopatologi duodenum pada tikus yang ditandai dengan perbaikan pada struktur susunan epitel dengan dosis efektif adalah 800 mg/kgBB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak krokot dapat digunakan sebagai terapi alternatif pada tikus hiperlipidemia.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/85/051509563
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127095
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item