BKG

Fajri, HildaMiladdien (2015) Efek Chlorogenic acid (Coffee robusta Lindau) terhadap Perbaikan Jaringan Endometrium dan Peningkatan Ekspresi Reseptor Progesteron Tikus (Rattus norvegicus) Bunting yang Dipapar Carbon Black. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

ABSTRAK Carbon black merupakan partikulat matter (PM) yang bersifat sitotoksik, genotoksik dan paling stabil di udara dalam bentuk senyawa carbon monoksida (CO). Hasil dari metabolisme CO menghasilkan radikal bebas yang mengganggu berbagai organ dan produksi hormon pada hewan maupun manusia. Coffee robusta Lindau memiliki khasiat sebagai antioksidan. Chlorogenic acid (CGA) adalah polyphenol utama pada biji kopi yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek dari suplementasi CGA terhadap peningkatan progesteron dan perbaikan jaringan endometrium pada tikus bunting yang dipapar carbon black. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental posttest control design only menggunakan model Rancangan Acak Lengkap (RAL). Tikus yang digunakan adalah tikus putih (Rattus norvegicus) betina sehat, berumur 12 minggu yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol negatif adalah tikus betina bunting yang hanya diberi pakan dan minum ad libitum. Kelompok kontrol positif adalah tikus bunting yang diberikan paparan carbon black 1064 mg/m3 selama 8 jam/hari. Sedangkan kelompok perlakuan adalah tikus bunting yang diberikan paparan carbon black seperti kelompok kontrol positif dan disuplementasi dengan CGA sesuai dosis perlakuan yaitu 4,5 ; 9 dan 13,5 mg/Kg BB. Parameter yang diukur adalah perbaikan jaringan endometrium yang diwarnai dengan pewarnaan HE dan peningkatan ekspresi reseptor progesteron yang diwarnai dengan metode IHK. Data dianalisa secara statistic dengan one-way ANOVA, α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian CGA pada tikus yang dipapar carbon black secara signifikan (p<0,05) dapat meningkatkan jumlah ekspresi reseptor progesteron dan meningkatkan jumlah glandula uterina dengan dosis efektif 9 mg/kg BB.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/84/051509430
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127094
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item