BKG

Primaden, AngelinaKurniati (2015) Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum gratissimum L.) Sebagai Terapi Glomerulonefritis Akut Pada Mencit (Mus musculus) Hasil Induksi Streptokinase Terhadap Produksi TNFα – Gr1 dan TGFβ – CD68. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Streptokinase adalah protein extracelluler β-haemolytic streptococci yang digunakan untuk mengatasi penyakit jantung dan sistem sirkulasi. Penggunaan streptokinase dapat menyebabkan terjadinya glomerulonefritis akut akibat adanya reaksi hipersensitifitas tipe III. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol daun kemangi (Ocimum gratissimum L.) dalam menurunkan produksi TNFα – Gr1 (Tumor Necrosis Factor Alpha - Granulocyte Receptor 1) dan meningkatkan produksi TGFβ - CD68 (Transforming Growth Factor Beta - cluster of differentiation 68) pada mencit jantan model glomerulonefritis akut hasil induksi streptokinase. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan metode post test control design only dan terdiri dari 5 kelompok yaitu kontrol negatif, kontrol positif (glomerulonefritis akut), dan tiga kelompok perlakuan yang diinduksi streptokinase dan diterapi dengan dosis ekstrak etanol daun kemangi yang berbeda yaitu 400 mg/kg BB, 800 mg/kg BB dan 1200 mg/kg BB. Induksi streptokinase dengan dosis 2500 IU secara intramuskular dan pemberian terapi ekstrak etanol daun kemangi secara peroral selama 14 hari. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah produksi TNFα – Gr1 dan TGFβ – CD68 yang diuji dengan flowcytometry kemudian data dianalisa menggunakan one way ANOVA dengan α = 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun kemangi pada dosis 400 mg/kg BB dapat menurunkan produksi TNF – Gr1 dan meningkatkan produksi TGFβ – CD68 secara signifikan (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberian ektrak etanol daun kemangi dapat digunakan sebagai terapi glomerulonefritis akut.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/75/051609421
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127084
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item