BKG

Wulandari, Eni (2015) Aktivitas Protease Dan Kadar Malondialdehida (MDA) Organ Duodenum Tikus (Rattus norvegicus) Model Inflamatory Bowel Disease Yang Diterapi Dengan Ekstrak Metanol Daun Kamboja Putih (Plumeria acuminta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Inflammatory bowel disease (IBD) merupakan penyakit kronis saluran pencernaan yang banyak dijumpai pada hewan dan manusia. Inflammatory bowel disease (IBD) dapat disebabkan oleh Non steroidal Anti- Inflammatory Drug (NSAIDs) seperti Indometasin. Penelitian ini menggunakan ekstrak metanol daun kamboja putih (Plumeria acuminta) sebagai terapi pada hewan tikus (Rattus norvegicus) model IBD. Lupeol acetate yang terdapat pada daun kamboja putih (Plumeria acuminta) berperan sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menghambat radikal bebas dan pengeluaran sitokin proinflamatori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas protease dan kadar MDA pada organ duodenum hewan tikus model IBD yang diterapi ekstrak metanol daun kamboja putih. Penelitian ini menggunakan lima kelompok perlakuan, yaitu kelompok kontrol negatif (A), kelompok kontrol positif (B), kelompok terapi ekstrak methanol daun kamboja putih dengan tiga dosis berbeda, yaitu 500 mg/kg BB (C), 750 mg/kg BB (D), dan 1000 mg/kg BB (E). Pembuatan tikus model IBD dengan menggunakan indometasin yang diberikan secara per oral dengan dosis 15 mg/kg BB. Perubahan aktivitas protease dan kadar MDA dianalisis menggunakan analisis ragam ANOVA dan uji lanjutan Beda Nyata Jujur (BNJ) dengan α= 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terapi ekstrak metanol daun kamboja putih dapat menurunkan aktivitas protease dan kadar MDA secara signifikan (p<0,05). Dosis 1000 mg/kg BB adalah dosis efektif untuk menurunkan aktivitas protease sebesar 36 % dan menurunkan kadar MDA sebesar 20%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak metanol daun kamboja putih dapat digunakan sebagai alternatif terapi IBD berdasarkan penurunan aktivitas protease dan penurunan kadar MDA organ duodenum.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/40/051509386
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127045
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item