BKG

Pamungkas, KhoirinNisa`IrdianiNanda (2015) Potensi Ekstrak Etanol Rimpang Kunyit (Curcuma Longa L) Terhadap Ekspresi Protamine dan Jumlah Sel Sertoli Tikus (Rattus norvegicus) Model DM-1Hasil Induksi MLD-STZ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Diabetes mellitus merupakan kondisi yang dapat mengakibatkan kadar gula di dalam darah meningkat. Kondisi ini dapat menyebabkan produksi Reactive Oxygen Species (ROS) atau radikal bebas yang berlebihan. Tingginya ROS dalam tubuh dapat mempengaruhi fertilitas karena dapat menurunkan jumlah sel sertoli pada testis dan menurunkan ekspresi protamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi ekstrak rimpang kunyit (Curcuma longa L.) sebagai antioksidan terhadap jumlah sel sertoli dan ekspresi protamine. Penelitian ini menggunakan tikus (Rattus norvegicus) jantan 3 bulan dibagi dalam 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif (A), kelompok kontrol positif (B), kelompok DM Tipe 1 dengan terapi 1,2 g/kgBB (C), 1,8 g/kgBB (D), dan 2,7 g/kgBB (E). Pada kelompok B, C, D dan E diberi dosis induksi multi low dose - streptozotocin (MLD-STZ) melalui intraperitoneal 20 mg/BB selama 5 hari. Terapi ekstrak rimpang kunyit dilakukan dengan cara sonde selama 42 hari. Pengukuran ekspresi protamin dengan menggunakan metode imunohistokimia. Pengamatan jumlah sel sertoli dilakukan dengan pewarnaan HE dan penghitungan dilakukan secara manual dibawah mikroskop. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ekspresi protamine hingga 81,4% dan peningkatan jumlah rata-rata sel sertoli mencapai 50% pada kelompok tikus yang diterapi ekstrak kunyit dosis 2,7 g/kg BB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian ekstrak etanol rimpang kunyit dapat meningkatkan ekspresi protamine dan meningkatkan jumlah sel sertoli tikus diabetes mellitus tipe 1.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/39/051509385
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127043
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item