BKG

Putra, DwijoKuncoro (2015) Efek Antibakterial Tepung Daun Mengkudu (Morinda citrifolia linn.) Terhadap Nilai SGPT-SGOT, Serta Histopatologi Hepar Ayam Broiler yang Diinfeksi Escherichia coli. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Colibacillosis adalah penyakit pencernaan yang disebabkan oleh Avian Pathogenic Escherichia coli (APEC). Escherichia coli menghasilkan endotoksin yang menyebabkan beberapa kasus enteritis. Daun mengkudu (Morinda citrifolia) mengandung senyawa kimia diantaranya antraquinone, alkaloid, saponin, flavanoid, dan terpenoid yang berperan sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan daun mengkudu sebagai antibakteri pada kasus colibacillosis. Rancangan penelitian bersifat eksperimental dengan desain post test only control menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap). Hewan coba menggunakan ayam broiler yang dibagi menjadi lima kelompok, yaitu: kelompok kontrol negatif , kelompok kontrol positif, kelompok terapi 1, kelompok terapi 2, dan kelompok terapi 3. Infeksi E.coli diberikan dengan dosis 0,5 ml x 108 CFU/ml. Terapi ekstrak daun mengkudu menggunakan dosis 5% (3,25 mg) pada terapi 1, 10% (6,5 mg) pada terapi 2, dan 15% (9,75 mg) pada terapi 3. Parameter dalam penelitian adalah kadar SGPT dan SGOT yang dianalisis dengan one way ANOVA dengan tingkat kepercayaan α >0.05 dan histopatologi hepar yang dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung daun mengkudu dapat menurunkan nilai SGPT sebesar 6,00 ± 4,56 dan SGOT sebesar 304,50 ± 22,48 pada dosis 15% (9,75 mg), walaupun tidak signifikan secara statistik , serta perbaikan histopatologi hepar pada dosis 15% (9,75 mg). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tepung daun mengkudu mampu memperbaiki kerusakan hepar pada infeksi colibacillosis dengan menurunkan nilai SGPT dan SGOT, serta memperbaiki kerusakan pada histopatologi hepar.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/145/051604983
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127013
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item