BKG

Aprilia, RizkyPamwidya (2016) Spesifisitas & Sensitivitas Thyroglobulin dan Profil Protein Serum Tikus (Rattus norvegicus) Model Autoimmune Thyroiditis Hasil Induksi Natrium Iodida (NaI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penyakit Autoimmune Thyroiditis (AITD) merupakan penyakit autoimun yang menyerang kelenjar thyroid. Prevalensi AITD mencapai 10% populasi manusia dan 0,2% pada anjing di dunia. Konsumsi iodin menjadi salah satu faktor lingkungan yang memicu perkembangan penyakit AITD. Induksi natrium iodida (NaI) dengan kandungan iodin berlebih mampu menyebabkan perubahan epitop tiroglobulin (Tg) sehingga mampu memicu sifat imunogenitas Tg dan mempengaruhi profil protein serum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui spesifisitas dan sensitivitas Tg serta gambaran profil protein pada serum hewan model yang dinduksi NaI. Hewan model yang digunakan yakni tikus (Rattus norvegicus) betina strain wistar umur 8-12 bulan dengan berat badan 100-150 gram. Pembuatan hewan model AITD dengan induksi NaI dosis 0,05% (m/v) melalui air minum selama 8 minggu. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dibagi menjadi 5 kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok tikus model AITD induksi NaI minggu ke 2, 4 6, dan 8. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbedaan profil protein serum tikus kontrol dan serum tikus model AITD yang ditunjukkan dengan adanya protein penanda inflamasi yang diduga adalah C-Reactive Protein dengan berat molekul 115 kDa dan Ceruloplasmin dengan berat molekul 132 kDa. Hasil dari Uji Dot blot diketahui tiroglobulin bersifat spesifik terhadap antibodi tiroglobulin dengan sensitivitas tiroglobulin pada serum hingga pengenceran 10-6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa induksi NaI dapat menyebabkan terjadinya reaksi inflamasi serta tingginya kadar tiroglobulin pada serum sebagai marker penyakit Autoimmune Thyroiditis.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/13/051503824
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126996
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item