BKG

Zukiaturrahmah, Anna (2016) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Propolis Trigona Sp. Terhadap Kadar SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan ALP (Alkali Phospatase ) Pada Tikus (Rattus novergicus) Yang Diinduksi Kloramfe. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Hati sangat berperan dalam detoksifikasi racun seperti obat – obatan berupa xenobiotik yang dapat menggangu fungsi hati. Kloramfenikol merupakan obat antibiotik yang masih digunakan masyarakat luas, padahal kloramfenikol memiliki potensi menjadi racun di dalam tubuh. Peningkatan radikal bebas di dalam tubuh mampu diseimbangkan oleh antioksidan. Propolis lebah Trigona Sp. diketahui mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Peningkatan kadar SGOT dan ALP serum menjadi penanda adanya kerusakan hati akibat peningkatan radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol propolis lebah Trigona sp terhadap kadar SGOT dan ALP pada tikus (Rattus novergicus) yang diinduksi kloramfenikol pada hewan model kerusakan hati. Hewan coba untuk penelitian ini menggunakan tikus (Rattus novergicus) jantan berumur 8 – 12 minggu yang terdiri dari 5 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol negatif (normal), kelompok kontrol positif (induksi kloramfenikol), kelompok perlakuan terapi 1, terapi 2, terapi 3 diinduksi kloramfenikol dengan dosis 400 mg/kg dan terapi ekstrak propolis dengan dosis 8 mg/ekor, 16 mg/ekor dan 24 mg/ekor. Kloramfenikol diinjeksikan selama 14 hari secara subkutan sedangkan ekstrak propolis diberikan peroral selama 21 hari. Pengukuran kadar SGOT dan ALP dilakukan menggunakan metode spektofotometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi ekstrak propolis Trigona Sp. dapat menurunkan kadar SGOT dan ALP dengan dosis 24 mg/ekor merupakan dosis yang paling efektif menurunkan kadar SGOT dan ALP secara signifikan (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol propolis Trigona sp. dapat digunakan sebagai terapi herbal pada tikus model kerusakan hati.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/127/051602805
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126993
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item