BKG

Rahma, NurMaulida (2015) Studi Ekspresi TNF-α dan Aktivitas Protease pada Ileum Tikus (Rattus norvegicus) Model IBD (Inflammatory Bowel Disease) Hasil Induksi Indometasin yang Diterapi dengan Ekstrak Akar Seledri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Inflammatory Bowel Disease (IBD) adalah penyakit inflamasi yang menyerang saluran pencernaan. IBD dapat disebabkan oleh efek samping penggunaan obat NSAIDs (non-steroidal anti-inflammatory drugs) seperti indometasin. Dosis indometasin 15 mg/kg BB per oral dapat menyebabkan inflamasi akut pada ileum tikus. Ekstrak akar seledri yang mengandung flavonoid dapat digunakan sebagai terapi untuk pemulihan IBD. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui potensi ekstrak akar seledri sebagai terapi IBD pada ileum tikus putih (Rattus norvegicus) yang terpapar oleh indometasin. Hewan coba yang dipakai yaitu tikus putih (Rattus norvegiccus) jantan strain wistar usia 8-12 minggu dengan berat 150-200 gram. Tikus dibagi menjadi 4 perlakuan yakni tikus kontrol negatif, kontrol positif, terapi 1 dan terapi 2. Induksi indometasin diberikan dengan dosis 15 mg/kg BB sebanyak 0,2 ml/ekor secara PO (per oral) sebanyak satu kali. Terapi ekstrak akar seledri diberikan pada tikus terapi 1 dengan dosis 100 mg/kg BB, tikus terapi 2 dengan dosis 300 mg/kg BB. Terapi dilakukan selama 14 hari. Parameter yang diamati adalah ekspresi TNF-α melalui pewarnaan IHK dan aktivitas protease pada ileum tikus. Analisa data ekspresi TNF-α dan aktivitas protease diolah secara statistik kuantitatif yang dianalisa menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dan uji beda nyata jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi ekstrak akar seledri secara signifikan (p<0,05) dapat menurunkan ekspresi TNF-α dan aktivitas protease. Dosis 300 mg/kg BB merupakan dosis terbaik yang dapat menurunkan ekspresi TNF-α sebanyak 57,59 % dan aktivitas protease sebanyak 25,31 %. Kesimpulan dari penelitian ini ekstrak akar seledri mengandung antioksidan yang dapat digunakan untuk terapi IBD.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/115/051509461
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126984
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item