BKG

Afida, Ainul (2015) Studi Pemberian Air Rebusan Kacang Kedelai (Glycine max (L.) Merr.) terhadap Ekspresi Inducible Nitric Oxide Synthase (iNOS) Ginjal dan Profil Protein Ileum Pada Tikus (Rattus norvegicus) Fibrosis Gin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Fibrosis ginjal adalah keadaan patologis pada ginjal berupa akumulasi dari matriks ekstraseluler yang berlebih. Fibrosis ginjal ditandai oleh rusaknya sel-sel epitel ginjal dan ditemukannya sel-sel fibroblas pada jaringan ginjal. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hewan model yang diinduksi streptokinase mengalami fibrosis ginjal yang ditandai dengan peningkatan ekspresi inducible nitric oxide synthase (INOS). Kacang kedelai adalah sumber isoflavon alami yang berpotensi sebagai antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan ekspresi iNOS ginjal dan perubahan profil protein ileum tikus fibrosis ginjal hasil induksi streptokinase setelah pemberian air rebusan kacang kedelai. Dalam penelitian ini, tikus dibagi dalam empat kelompok, yaitu kontrol negatif (A), kontrol positif dengan induksi streptokinase 3 x 6000IU(B), terapi dosis 6 g/200 g BB (C), dan dosis 9 g/200 g BB (D). Induksi streptokinase dosis 6000 IU secara intravena pada vena coccygea dilakukan pada hari pertama, keenam dan kesebelas. Ekspresi iNOS ginjal diamati dengan metode imuhistokimia dan profil protein ileum dengan metode SDS-PAGE. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk ekspresi iNOS dan semi kuantitatif untuk profil protein ileum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi air rebusan kacang kedelai secara signifikan (p<0,05) menurunkan ekspresi iNOS. Dosis efektif terapi adalah 9 g/200 g BB. Hasil analisa protein ileum menunjukkan adanya sintesis protein dengan berat molekul 119 kDa pada kontrol negatif dan kelompok terapi. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian air rebusan kacang kedelai dosis 9 g/200 g BB efektif menurunan ekspresi iNOS dan sintesis protein dengan berat molekul 119 kDa pada ileum.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2015/114/051609460
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126983
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item