BKG

Hasan, FirmansjahAbdul (2014) Efek Imunostimulator Ekstrak Etanol Kayu Manis (Cinnamomum burmannii) terhadap Peningkatan Jumlah Sel T CD4 dan T CD8 pada Mencit BALB/C. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Cinnamaldehyde yang terkandung dalam kayu manis ( C.burmanii) dapat meningkatkan respon imunitas di dalam tubuh, tapi penelitian tentang efek imunostimulan dari C.burmanii untuk meningkatkan sel T CD4 dan sel T CD8 belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek imunostimulator ekstrak etanol C.burmanii terhadap peningkatan jumlah sel T CD4 dan sel T CD8. Metode penelitian ini adalah e xperimental post test control design only dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Digunakan mencit BALB/C yang dibagi menjadi kelompok kontrol positif, kontrol negatif, dan perlakuan. Kelompok perlakuan diberikan ekstrak etanol C. burmanii dengan dosis 50 mg/kg, 100 mg/kg, 150 mg/kg, 200 mg/kg secara per oral. Selanjutnya diinfeksi Salmonella enteritidis dengan dosis 0,2 ml X 10 8 ml/CFU. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan one way ANOVA , dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol C.burmanii mempunyai efek imunostimulator yang ditandai adanya kenaikan jumlah sel T CD4 dan T CD8. Jumlah sel T CD4 tertinggi diperoleh pada pemberian ekstrak etanol C. burmanii dosis 100 mg/kg BB dan sel T CD8 pada pemberian ekstrak etanol C. burmanii dosis 50 mg/kg BB. Kesimpulan penelitian ini bahwa ekstrak etanol C.burmanii mempunyai efek imunostimulator yang ditandai dengan peningkatan sel T CD4 dan T CD8 pada mencit BALB/C yang diinfeksi S. enteritidis .

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2014/17/051402233
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126902
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item