BKG

Renanda, Risang (2013) Kadar Secretory Imunoglobulin-E (S-Ige) Dan Gambaran Histopatologi Otot Polos Bronkiolus Pada Hewan Model Tikus (Rattus Norvegicus) Asma Yang Terpapar Lipopolisakarida. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Asma merupakan penyakit inflamasi kronik saluran pernafasan yang dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan saluran udara. Pada asma terjadi peningkatan kadar s-IgE, sebagai respon awal terjadinya inflamasi saluran pernafasan. Adanya inflamasi tersebut akan membuat terjadinya hipertropi pada selotot polos bronkiolus. Adanya infeksi rongga mulut mampu mengakibatkan gejala sistemik. Salah satu sumber infeksi mulut adalah endoktoksin lipopolisakarida (LPS) bakteri Gram negatif. Phorpyromonas ginggivalis adalah salah satu bakteri Gram negatif yang sering menyebabkan infeksi pada rongga mulut.Lipopolisakarida diketahui dapat memodulasi terjadinya inflamasi pada saluran pernafasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah paparan LPS dapat memperparah kondisi asma dengan melihat kadar s-IgE dan histopatologi hipertropi otot polos bronkiolus. Penelitian ini menggunakan tiga kelompok tikus, yaitu kelompok kontrol, kelompok alergi dan kelompok alergi yang terpapar LPS intrasulkuler. Sensitisasi alergi dilakukan dengan injeksi ovalbumin intraperitonial pada hari ke-1dan ke-14 dan secara aerosol menggunakan nebulizer pada hari ke-21.Penentuan kadar s-IgE dilakukan dengan menggunakan teknikEnzyme Linked Immunosorbent Assay(ELISA) dan pengamatan histopatologi otot polos bronkiolus menggunakan mikroskop Olympus BX51. Dari hasil penghitungan kadar s-IgE didapatkan hasil perbedaan yang signifikan (p<0,05) terjadi antara kelompok tikus kontrol, kelompok asma dan kelompok asma yang dipapar LPS. Kadar s-IgE pada tikus asma adalah 5,56±0,25 IU/mL, sedangkan pada tikus asma yang terpapar LPS meningkat menjadi 9,73±0,24 IU/mL. Pada gambaran histopatologis otot polos bronkiolus didapatkan peningkatan hipertropi otot polos bronkiolus dengan hasil 18.06μm pada tikus asma, sedangkan pada tikus asma terpapar LPS menjadi 28,89μm.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2012/3/051300297
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Hasbi
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126858
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item