Evaluasi Jalur Pejalan Kaki di Jalan KH Wachid Hasyim Kota Pasuruan

Pradigdo, Wildhan Raga (2018) Evaluasi Jalur Pejalan Kaki di Jalan KH Wachid Hasyim Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalur pedestrian dalam konteks perkotaan biasanya dimaksudkan sebagai ruang untuk pejalan kaki yang berfungsi sebagai sarana pencapaian yang dapat melindungi pejalan kaki dari bahaya yang datang dari kendaraan bermotor. Menurut (Abdillah, 2014) jalur pedestrian dinilai menjadi infrastruktur kota yang mampu membantu mobilitas warga khususnya warga perkotaan untuk melakukan aktifitas sehari-hari dalam bermobilitas, jalur pedestrian dinilai bisa melancarkan transportasi apabila terhubung dengan halte atau shelter transportasi masal, menekan para pengguna kendaraan pribadi untuk bertransportasi masal. Sedangkan menurut (Putra, 2013) jalur pejalan kaki berupa trotoar merupakan wadah atau ruang untuk kegiatan pejalan kaki melakukan aktivitas dan untuk memberikan pelayanan kepada pejalan kaki. Koridor jalan KH Wachid Hasyim di Kota Pasuruan merupakan salah satu pusat perdagangan skala kota yang memiliki aktivitas cukup tinggi setiap harinya. Tingginya aktivitas pada jalur pejalan kaki di jalan Wachid Hasyim ini tidak didukung dengan ketersediaan ruang bagi pejalan kaki yang nyaman dan aman. Penggunaan lahan di jalan KH. Wachid Hasyim didominasi oleh penggunaan lahan berupa perdagangan dan jasa. Penelitian ini bertujuan mmbuat arahan untuk meningkatkan kinerja jalur pejalan kaki di jalan KH. Wachid Hasyim berdasarkan persepsi pengguna jalur pejalan kaki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis kinerja jalur pejalan kaki, Analisis IPA berdasarkan persepsi pengguna jalur pejalan kaki. Dari hasil penelitian ini di peroleh hasil pada beberapa segmen pada jalur pedestrian memiliki tingkat pelayanan C, D, dan E dan berdasarkan persepsi masayarakat perlu peningkatan pada lebar jalur pejalan kaki, keamanan dan kenyamanan jalur pejalan kaki, serta penyediaan jalur bagi orang berkebutuhan khusus.

English Abstract

Pedestrian paths in urban contexts are usually intended as pedestrian spaces that serve as a means of attainment that can protect pedestrians from the dangers that come from motor vehicles. According to (Abdillah, 2014) the pedestrian path is considered to be a city infrastructure that is able to assist the mobility of citizens, especially urban residents to carry out daily activities in mobility, pedestrian path can be assessed if transportation is connected to shelters or mass transportation shelters, mass transportation. Meanwhile, according to (Putra, 2013) pedestrian path in the form of a pavement is a container or space for pedestrian activities and activities to provide services to pedestrians. The road corridor of KH Wachid Hasyim in Pasuruan City is one of the city-scale trading centers that have high activity every day. The high activity on the pedestrian path on Wachid Hasyim street is not supported by the availability of space for comfortable and safe hikers. Land use on KH road. Wachid Hasyim is dominated by land use in the form of trade and services. This study aims to make direction to improve the performance of pedestrian path on KH road. Wachid Hasyim based on pedestrian user perception of the user. The research method used in this study is the analysis of pedestrian path performance, IPA analysis based on pedestrian user perceptions of the pedestrian. From the results of this study, the results obtained in some segments on the pedestrian path have service levels of C, D, and E and based on community perceptions need to increase on the width of pedestrian paths, safety and comfort of pedestrian paths, and the provision of paths for people with special needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/725/051807865
Uncontrolled Keywords: jalur pejalan kaki, level of service, persepsi masyarakat. pedestrian path, level of service, public perception.
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation > 388.41 Vehicular and pedestrian traffic > 388.411 Urban roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Oct 2018 06:16
Last Modified: 12 Oct 2018 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12574
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item